SOSIALISASI TALI ASIH BAGI ANGGOTA BPD

  • Bagian Humas
  • Selasa, 26 Desember 2006


Ketua, Sekretaris dan Anggota BPD se Kecamatan Ngusikan yang berjumlah 56 orang diberikan sosialisasi tentang pemberian tali asih dari Pemerintah Kabupaten Jombang bagi seluruh anggota BPD, masing-masing desa sebesar Rp.3.000.000,- (tiga juta rupiah) pada hari RABU tanggal 20 Desember 2006 bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Ngusikan.
Dalam pemberian sosialisasi tersebut, Camat Ngusikan BASORI KHOLIQ, S.Sos mengatakan bahwa Bupati Jombang Bapak Drs.H.Suyanto melalui para Camat menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya, baik secara pribadi maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang kepada seluruh BPD yang telah melaksanakan masa bhaktinya dengan baik selama menjadi BPD membantu Pemerintah Desa dan masyarakat. Disamping ucapan terima kasih tersebut, Bupati Jombang juga memberikan tali asih kepada BPD tiap-tiap desa berupa uang sebesar Rp.3.000.000,- (tiga juta rupiah) yang dananya segera dapat dicairkan.
Selanjutnya yang perlu dipahami bahwa sebelum Perda yang baru turun yang mengatur tentang Pemerintahan Desa, BPD sebagai Badan Perwakilan Desa masih eksis sebagaimana biasa, juga sama seperti Kepala Desa yang sudah habis masa jabatannya. Salah satu tugas BPD adalah 6 (enam) bulan sebelum Kepala Desa habis masa jabatannya mengusulkan kepada Bupati tentang pemberhentian akhir tugas jabatan Kepala Desa, dan juga bisa terjadi secara otomatis tanpa diusulkan oleh BPD, Kepala Desa akan tetap mendapatkan SK pemberhentian dari Bupati.
Sebagai informasi BPD yang sudah berjalan merupakan Badan Perwakilan Desa yang dipilih oleh rakyat, namun yang akan datang BPD adalah Badan Permusyawaratan Desa yang prosesnya melalui hasil musyawarah bersama Perangkat Desa, RT-RW dan Tokoh Masyarakat yang tugasnya membantu Pemerintahan Desa.