Peringatan HUT DWP Ke 13 Di Kabupaten Jombang

  • Bagian Humas
  • Kamis, 27 Desember 2012


Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jombang diminta untuk melakukan evaluasi diri guna melakukan perbaikan menuju kinerja yang lebih baik dimasa depan. Evaluasi diri tersebut perlu dilakukan untuk hal-hal yang dirasakan belum maksimal dilaksanakan menuju hasil yang lebih maksimal. Demikian dikatakan HM. Munif Kusnan SH, MSi, sekdakab Jombang selaku penasehat DWP Kab. Jombang, pada puncak resepsi HUT DWP Kabupaten Jombang ke-13, yang dilaksanakan di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang pada kamis ( 27/12/2012).

Hadir pada acara tersebut dr. Hj. Restu Kurnia Suyanto, MKes selaku Pembina DWP, Hj. Susi Widjono Soeparno selaku wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Jombang, Ketua DWP Kab. Jombang Hj. Nila Munif Kusnan dan sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Jombang.

Ucapan HUT DWP ke 13 juga disampaikan oleh Munif Kusnan mengawali sambutannya. Menurut Munif, kemeriahan HUT DWP ke 13 ini dinilai kalah meriah dengan peringatan HUT DWP pada 13 tahun yang lalu. Dimana seluruh anggota DWP wajib hadir dan dimeriahkan dengan banyak bintang tamu dan aneka kesenian tradisional nusantara. “Hendaknya ini menjadi upaya evaluasi diri DWP hendaknya melihat kebelakang menyadarkan kekurangan-kekurangan dimasa lalu yang harus diperbaiki dimasa yang akan datang, pada 13 tahun yang lalu kalau HUT itu ada karawitan, ada kulintang dan mengundang bintang tamu Kirun, Yati Pesek dll. Dan seluruh anggotanya hadir semua”, ungkap Munif Kusnan.

Kemudian melihat kedepan menyadari tugas-tugas dan peran DWP yang harus dikerjakan dimasa sekarang. Mengikuti perkembangan zaman dalam mengembangkan organisasi, dan mensejahterakan anggota sehingga DWP dapat selalu eksis kedepan dalam mengemban visi dan misi organisasi.

“Ibu-ibu Dharma Wanita sebagai istri PNS tidaklah ringan, diharapkan dapat lebih proporsional artinya menujukkan jati dirinya sebagai ibu rumah tangga yang berkualitas, cerdas, kreatif, sederhana dan tangguh dalam mengarungi bahtera rumah tangga dengan menjalankan kehidupan sebagai istri PNS. Dapatkan memberikan sumbang saran kepada suami dengan selalu memberikan dorongan moril untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh loyalitas, dedikasi dan professional karena suami adalah aparat Pemerintah yang mengabdi dan bekerja untuk kepentingan Negara dan Bangsa,”ujarnya.

Tidak hanya itu, Munif juga berpesan kepada Kepala Keluarga, para istri PNS dalam menyikapi isu-isu strategis yang melanda dunia saat ini Kita harus dapat melindungi anak,istri dan suami dengan selalu menjauhi kekerasan dalam rumah tangga. Kenakalan remaja. Kebebasan seksual yang dilakukan remaja. “Pengawasan harus lebih ditingkatkan”, tandasnya.

“Binalah rumah tangga yang bahagia dan sejahtera, dan sebagai istri pengayom Negara ibu-ibu DWP dapat menjadi contoh bagi ibu-ibu rumah tangga lainnya yang dapat dijadikan panutan dalam kesederhanaan,kesantunan dan kecerdasan, aktif dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari,”pesan Munif Kusnan

Ditambahkannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang memberikan apresiasi kepada DWP sebab selama ini banyak hal yang baik telah dilakukan dalam mensosialisasikan program Pemerintah dalam berbagai bidang aspek kehidupan berupa sosialisasi kesehatan, pendidikan, keagamaan, kependudukan dan kesadaran hukum dan kewirausahaan.

“Tingkatkanlah kreatifitas dan persatuan, junjunglah selalu loyalitas terhadap Negara jauhlah hal-hal yang dilarang agama, Saya berharap DWP dapat selalu mendukung dan selalu melaksanakan Program Milleenium Development Goals (MDGs) dalam kehidupan sehari-hari yiatu menerangi kemiskinan, meningkatkan pendidikan kesetaraan gender, menurunkan angka kematian ibu dan anak, pemberantasan penyakit menular dan menjaga sanitasi lingkungan yang bersih dan sehat,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang ,dr. Hj Restu Kurnia Suyanto MKes, selaku Pembina DWP Kabupaten Jombang mengapresiasi kiprah dan kinerja DWP kabupaten Jombang.
“Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jombang ke 13 telah berjalan dengan baik. Saya berharap ini semakin menggelorakan semangat kebersamaan, persatuan dan kekompakan para anggota”, tutur Nina Suyanto.

Kegiatan DWP Kabupaten Jombang dalam rangka menyambut HUT DWP ke 13 antara lain menggelar kegiatan social yakni memberikan bantuan takjil ke Lembaga Pemasayarakatan dibulan Ramadan 2012, donor darah, menggelar lomba senam Gong 2009, lomba evaluasi pembuatan laporan tahunan DWP. Dan pada resepsi puncak acara HUT DWP ke 13 dimeriahkan oleh penampilan anak-anak TK Pertiwi serta penampilan para juara senam Gong.

Nina Suyanto dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa DWP sebagai mitra kerja pemerintah telah menunjukan kinerjanya dan telah melaksanakan sosialisasi program PHBS. Untuk pemahaman bela negara hendaknya lebih diimplementasikan kepada generasi muda sejak dini, juga kepada para pelajar ditingkat SMP dan SMA. Demikian juga untuk mendukung gerakan lingkungan yakni menanam pohon.


DWP sebagai organisasi Kemasyarakatan yang bernaung didalam pemerintah dapat berperan aktif untuk menyukseskan program kemasyarakatan bersama TP-PKK dan organisasi lainnya yang merupakan mitra kerja pemerintah berkerja sama dan bergadengan tangan dalam mewujudtkan masyarakat sejahtera. “Dan Alhamdulillah sebagai apresiasi pemerintah Kabupaten Jombang berhasil menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Kalau tahun lalu Jombang pernah menerima kategori pratama, tahun ini meningkat meraih kategori madya dan mudah-mudahan ini semakin meningkat terus”, pungkasnya.

Tema peringatan HUT DWP ke-13 Tahun 2012 ini adalah “ OPTIMALISASI PENCAPAIAN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MELALUAI SUKSESNYA PROGRAM UNGGULAN DWP”. Pada puncak peringatan HUT DWP ke 13 di Kabupaten Jombang ditandai dengan pemotongan tumpeng.(Wati_SJAM)
Jombang, 27 Desember 2012
BAGIAN HUMAS