Pemberitahuan Pelamar CPNS Diserahkan

  • Bagian Humas
  • Rabu, 05 Nopember 2003

Mulai hari ini, pelamar CPNS Pemkab Jombang bakal dibikin deg-degan. Hal ini menyusul diserahkannya surat pemberitahuan dari seluruh berkas lamaran melalui jasa PT Pos Indonesia, Jombang untuk dikirim alamat seluruh pelamar. Surat pemberitahuan ini berisi panggilan mengikuti tes bagi yang lolos administrasi dan ada yang berisi pemberitahuan tidak lulus. Namun dijanjikan, surat balasan itu akan tiba di tangan pelamar bila nama dan alamat pelamar jelas.
     
     " Kalau nama dan alamat pelamar jelas, saya jamin surat pemberitahuan itu akan tiba sebelum tanggal (8/11) nanti. Bila ternyata sampai tanggal 8 November ada pelamar yang belum menerima, maka saya sarankan datang ke Kantor Pos terdekat," ucap Kepala Kantor Pos Jombang, Soepardi, kepada Radar Mojokerto di ruang Soerodiningrat Pemkab, kemarin.
     
     Menurutnya, seluruh berkas lamaran CPNS tersebut sudah diserahkan dan akan dilakukan pengecekan alamat yang disesuaikan dengan kecamatan. Sehingga sore kemarin, seluruh surat balasan itu sudah bisa dikirim ke Kantor pos kecamatan untuk dikirim pada pagi harinya (hari ini). "Berita acara penyerahan berkas sudah saya diterima, paling lambat sore nanti (baca; kemarin sore) sudah dicek tiap alamat untuk dikirim ke kantor pos kecamatan," tambah dia.
     
     Sementara itu, jumlah pelamar yang tidak lulus administrasi sebanyak 3.182 orang dari jumlah pemalar yang mencapai 6.435 orang. Diantaranya, tenaga medis (dokter, perawat dan bidan) yang tidak lulus administrasi 142 orang dari 641 pelamar. Formasi guru (TK, SD, SLTP dan SMU) tidak lulus 1.134 orang dari pelamar yang mencapai 1.863 orang. Formasi Administrasi umum tidak lulus 1.592 orang dari 2.397 pelamar dan formasi tehnik (arsitektur, akuntasi, tehnik sipil) yang tidak lulus 260 orang dari 480 pelamar.
     
     Menurut Ketua Panitia penerimaan CPNS Jombang, Drs H Ali Fikri, seluruh pelamar tersebut akan menerima surat balasan dengan dua kriteria yaitu pelamar yang memenuhi syarat dan pelamar yang tidak memenuhi syarat. Untuk pelamar yang memenuhi syarat, jelas Ali Fikri, surat balasan akan disertai dengan kartu peserta ujian tulis yang dilengkapi dengan nomor tes dan foto peserta. Serta jadwal pelaksanaan ujian yang dilengkapi dengan waktu, tempat dan nomor ruangan ujian. "jadi berkas yang akan dikirim nanti untuk seluruh pelamar, hanya isinya ada yang memenuhi syarat dan ada yang tidak memenuhi syarat," katanya.
     
     Ditanya tentang pelaksanaan tes ujian tulis, pihaknya sudah mempersiapkan beberapa lokal SLTP dan SMU pada pelaksanaan tes tulis (11/11) mendatang. Yang setiap ruang diisi 20 peserta dengan dua orang pengawas yang diambilkan para guru berpengalaman mengawasi Ujian Akhir Nasional (UAN). Keberadaan dua pengawas tersebut dalam pengawasan Kepala Sekolah bersangkutan dan seorang pengawas dari Bawasda Jombang. Dengan menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk seratus soal, dari materi pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan pengetahuan tehnis.