Memperingati HKB 2018 BPBD Kab. Jombang Gelar Latihan Evakuasi Mandiri

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Jumat, 27 April 2018

 

Diri sendiri, keluarga dan komunitas masyarakat merupakan elemen terdepan dalam menghadapi bencana. Oleh karena itu, elemen – elemen ini menjadi fokus utama dan sasaran aksi gerakan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2018, dengan tema ‘Siaga Bencana dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas.’ 

Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana  2018 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang menggelar acara penyuluhan dan latihan evakuasi mandiri di aula Universitas Darul Ulum Jombang, Rabu, 26 April 2018.

Menurut Sekretaris BPBD, Ahmad Syaikhul Jabara, SSTP, aula Universitas Darul Ulum ini dipilih sebagai tempat penyuluhan dan pelatihan karena dalam penyuluhan ini memang fokus utamanya adalah komunitas masyarakat, maka dipilih komunitas masyakat Universitas Darul Ulum, serta gedung aula Universitas Darul Ulum memenuhi standar untuk acara.

Mengingat kesiapsiagaan tidak hanya menjadi tanggung jawab BPBD namun menjadi tanggung jawab bersama maka dalam acara tersebut BPBD mengundang komunitas masyarakat, netizen dan melibatkan seluruh lembaga relawan seperti tagana.

Rangkaian acara diawali dengan penandatanganan deklarasi oleh semua undangan yang mewakili komunitas, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan tentang pencegahan dini bahaya kebakaran, serta dilakukan simulasi evakuasi bencana kebakaran didalam gedung.

Jabara menjelaskan tujuan dari kegiatan ini  adalah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih siap menghadapi bencana.