Lebih Inovatif, Kwarda Jatim Apresiasi Pramuka Jombang

  • Bagian Humas
  • Rabu, 30 Januari 2013

Munif Kusnan : ” Mudah – mudahan ini pertanda pramuka semakin jaya. Dengan diikuti jaya nya pembinaan anak muda untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang,”

Pramuka, seperti yang diketahui adalah organisasi yang mempunyai banyak peran dalam mencetak generasi muda yang handal.  Didalam pramuka, pemuda akan dibina menjadi individu yang berwatak, berkepribadian, berbudi pekerti, hingga memiliki ketrampilan hidup.
Semangat untuk menyiapkan kader – kader bangsa ini, setidaknya terlihat dalam rapat kerja kwarcab pramuka Jombang tahun 2013. Sabtu (26/1) pagi, bertempat di ruang pertemuan Bung Tomo, di pemkab Jombang. Penggerak pramuka se – kwarcab Jombang mengikuti jalannya rapat kerja tahunan ini. Salah satu “goal” yang ingin dicapai dalam tahun 2013 ini adalah memiliki kegiatan yang terarah. Mengingat peran gerakan pramuka sangat berperan dalam menyiapkan generasi muda yang mampu diandalkan untuk bangsa ini.

Selain itu, tujuan yang ingin dicapai melalui rapat kerja itu seperti mencapai visi dan misi kwarcab pramuka Jombang, perencanaan kegiatan tahun 2013, dan pedoman bagi kwarran dalam menyusun kegiatan pada tahun ini.

Pagi itu, Sekda Jombang M. Munif Kusnan, SH, Msi yang juga ketua kwarcab gerakan pramuka Jombang membuka jalannya rapat awal tahun ini. Ada yang istimewa dalam rapat kerja kwarcab pramuka Jombang ini, hadir perwakilan dari kwartir daerah (kwarda) pramuka Jatim. Yang pada kesempatan itu, diwakili oleh wakil ketua harian kwarda Jatim.

Saat memberikan sambutan pengarahannya, ketua kwarcab pramuka Jombang, M. Munif Kusnan mengakui adanya gebrakan – gebrakan baru dalam kegiatan yang dilakukan kwarcab pramuka Jombang. Dan dijelaskannya, munculnya inovasi yang memajukan pramuka di Jombang ini tidak terlepas dari peran dari penggerak dan pelaku pramuka di kota santri ini. “ Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas upaya memajukan gerakan pramuka di Jombang. Periode 2011, 2016 pramuka Jombang membuat tampilan – tampilan yang berbeda dari periode sebelumnya,” ucapnya.

Tentu saja kata Munif, peningkatan kegiatan pramuka di Jombang akan terus diperhatikan. Maka melalui penguatan kelembagaan, diharapkan kegiatan pramuka di Jombang semakin nyata. Sehingga kader bangsa yang digembleng melalui pramuka ini, kalaupun menjadi pemimpin, menjadi seorang pemimpin yang amanah. Para pendidik dilingkup dinas pendidikan Jombang, melihat betapa berperannya pramuka untuk mempersiapkan generasi yang handal. Maka setiap hari jum’at dan sabtu, tambah Munif juga mengenakan seragam pramuka lengkap sesuai dengan uniform pramuka. “ Mudah – mudahan ini pertanda pramuka semakin jaya. Dengan diikuti jaya nya pembinaan anak muda untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang,” jelasnya.

Sebuah apresiasi yang juga cukup membanggakan bagi pramuka Jombang. Adalah kepercayaan Kwarda Pramuka Jatim, yang menempatkan pelatihan brigade penolong di Kabupten Jombang. Selama kurang lebih empat hari, seratus orang penegak dan pandega perwakilan kwarcab se – Jatim, ditempa dalam diklat pertolongan penanganan bencana dan kegiatan SAR (Search And Rescue).

Drs, Ar Purmadi, Wakil ketua harian Kwarda Pramuka Jatim, dalam rapat kerja menyampaikan apresiasnya terhadap kegiatan – kegiatan yang telah dilakukan kwarcab pramuka Jombang. Melalui penguatan kelembagaan, sangat berpengaruh terhadap majunya pramuka Jombang. Seperti terpilihnya pramuka Jombang sebagai tempat diklat brigade penolong 13. Dan hal – hal lain, seperti menggunakan seragam pramuka lengkap yang dilakukan para guru di Jombang setiap hari jum’at dan sabtu. Serta salah satu persyaratan mengangkat kepala sekolah, paling tidak harus aktif di kegiatan pramuka. “  Kwarcab pramuka Jombang sangat luar biasa, ini layak diapresiasi,” tegasnya

Perlu diketahui, visi kwarcab pramuka Jombang periode 2011 sampai dengan 2016 bahwa pramuka sebagai pilihan anak dan remaja kabupaten Jombang dalam mengembangkan dan membangun karakter diri.
Sementara untuk misi kwarcab Jombang adalah menciptakan anak dan remaja Jombang yang beriman, bertaqwa, sehat, mandiri, trampil dan tanggap serta memahami perkembangan masyarakat serta bersemangat kewirausahaan.
Kemudian tiga misi lainnya, menyediakan proses belajar yang diminati bagi anak dan remaja melalui kegiatan yang menarik, menantang, di alam terbuka serta menerapkan prinsip dasar pramuka. Kemudian, membantu masyarakat menyediakan media belajar non formal diluar sekolah dan diluar keluarga yang sesuai minat dan tuntutan jaman. Dan misi yang terakhir, menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai suplemen dan komplemen pendidikan formal.
(Arie_SJFM)

 

Jombang, 26 Januari 2013
BAGIAN HUMAS