Kunjungan Kerja DPRD Kab. Bondowoso

  • Bagian Humas
  • Selasa, 25 Mei 2004

Kunjungan KERJA Komisi B DPRD Kabupaten Bondowoso yang diterima oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan H. Mian, S.Sos. bertempat di ruang Soerodiningrat Pemerintah Kabupaten Jombang, Senin 24 Mei 2004.
      Sambutan Selamat datang Bupati Jombang yang disampaikan oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan H. Mian, S.Sos. antara lain bahwa pada hari ini wakil ketua DPRD dan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bondowoso beserta rombongan mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Jombang saya ucapkan selamat datang serta selamat mengadakan studi banding, dimana masyarakat Jombang yang sebagian besar mata pencaharian adalah di bidang pertanian dan secara umum Kabupaten Jombang yang mempunyai tempat strategis yaitu lintasan antara Kabupaten Lamongan dan kabupaten Kediri dengan luas wilayah 150.159 Ha terdiri 21 Kecamatan terbagi 3 wilayah : Utara Pegunungan kapur, Tengah yang subur dan Selatan sebagian pegunungan. Bidang Pertanian luas lahan : 47.272 Ha yaitu Sawah pengairan teknis : 39.096, Sawah Pengairan non teknis 1.313 Ha, sawah tanpa pengairan : 678 Ha, Sawah pengairan desa : 1.300 Ha dan sawah tanpa kering : 4.385 Ha. Lebih lanjut Mian menjelaskan bahwa petani Jombang pada tahun 2003 dapat menghasilkan tanaman padi: 337.706 ton dan jagung 170.704 ton, selain itu sebagian besar juga menjadi produsen/penangkar benih padi. Untuk tahun 1999 ada 11 penangkar benih dan tahun 2003 menjadi 14 penangkar benih padi yang dipasarkan di Jombang sendiri serta ke lain daerah yaitu Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Ngamjuk dan Nusa tenggara Barat.
      Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso: H. Mahtulisono selaku Ketua rombongan yang didampingi Ketua Komisi B: H. Agus Anshori pada acara tersebut memberi sambutan bahwa Kabupaten Bondowoso dengan masyarakatnya yang agraris yaitu petani padi, polowijo, sehingga studi banding ke Kabupaten Jombang ini adalah untuk mencari informasi maslah pertanian, khususnya penangkaran benih padi yang nantinya untuk memenuhi kebutuhan petani di Bondowoso sendiri. Disamping itu di Bondowoso juga terdapat tempat pariwisata cukup bagus yaitu “ Kawah Wijen” yang tidak kalah menarik dengan “Bromo”.
      Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan PerikananPerkebunan dan Kehutanan, Pengairan, Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Kabag Kesra, Kabag Perekonomian Lingkup Pemkab Jombang.