Komitmen Wujudkan Kaur Kesra Yang Profesional

  • Bagian Humas
  • Rabu, 29 Mei 2013

Pembinaan KAUR KESRA (Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat) atau Modin Desa se Kabupaten Jombang   pada Rabu (29 Mei 2013) diselenggara di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Para modin atau kaur kesra dari seluruh desa di Jombang tersebut  menerima materi pembinaan dari Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pemkab Jombang.

Disampaikan oleh Kabag Kesra Setdakab Jombang Agus Panuwun, bahwa pembinaan Kaur Kesra atau modin ini tujuannya adalah  agar para Kaur Kesra/ Modin Desa se Kabupaten Jombang  senantiasa  mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan lebih professional dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sebagai mana tugas pokok dan fungsinya, yaitu membantu tugas kepala desa utamanya  menyangkut Bidang Ekonomi, Keagamaan dan Administrasi warga  serta pemberdayaan masyarakat dan sosial kemasyarakatan.

“Memang Secara Struktural Modin berposisi dibawah Kepala Desa dan Kepala Dusun, Namun Prakteknya Modin lebih banyak langsung terjun di tengah - tengah Masyarakat”, tutur Agus Panuwun

Pembinaan Kaur Kesra atau yang lebih dikenal dengan modin tersebut  dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Drs. H. Hasan MSi.  Dalam sambutan Bupati Jombang yang dibacakan oleh Plt Sekda Hasan, antara lain mengingatkan bahwa para Kaur Kesra harus menjadi ujung tombak dan motor penggerak di tingkat desa,  utamanya dalam menjaga kebersamaan, kegotong royongan, juga kondusifitas Jombang. Sebab pada tahun 2013 ini adalah tahun politik. Pesta demokrasi baik pilkada Bupati Wakil Bupati  Jombang  akan digelar pada 5 Juni 2013 dan pilkada Gubernur Wakil Gubernur Jawa Timur  diselenggarakan pada 29 Agustus 2013.

Disampaikan pula ucapan terima kasih atas peran serta para Kaur Kesra/modin dalam mewujudkan Kabupaten Jombang dalam pencapaian prestasi pemerintah Kabupaten Jombang dalam bidang kinerja penyelenggaraaan pemerintahan daerah selama 3 tahun berturut-turut. Yakni pada tahun 2011 berada diperingkat 1 se Indonesia, Tahun 2012 di peringkat 5 dan tahun 2013  Jombang berada di peringkat 3 se Indonesia. “Keberhasilan ini tentu saja juga atas andil dan kontribusi para Kaur Kesra atau modin desa”, tutur Hasan. 

Bidang yang paling terlihat dalam peranan modin adalah dalam bidang agama, seperti yasinan, mengurus Jenazah, mengurus administrasi pernikahan dan masih banyak lagi peranan lainya, pendek modin desa adalah sebagai ujung tombak atau motor penggerak  bagi Masyarakat Desa. “Kami berharap para Kaur Kesra atau Modin untuk selalu meningkatkan kapasitas, kompetensi  dan lebih professional dalam menjalankan layanan kepada masyarakat, sebab anda semua ini adalah motor penggerak sekaligus harus mampu menjadi agen perubahan”, tandas Hasan.

Adapun pembinaan  Kaur Kesra yang dimoderatori oleh Ashari SKM tersebut antara lain   memberikan materi Manajemen Sosial (ukhuwah islamiyah) oleh Shohibul Ma’ali seksi bidang UI – MUI. Pemberdayaan Masjid oleh KH. Drs. Abdur Rahman Usman  yang menyampaikan materi dengan judul “ Peran Ganda Masjid Sebagai Tempat Ibadah Dan Fungsi Sosial”.  Sedangkan materi  Penanggulangan HIV-AIDS dan Tata Cara Pemulasaran Jenazah Bermasalah di Masyarakat oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Para peserta pembinaan Kaur Kesra sangat antusias mengikuti materi-materi yang diberikan  para narasumber. Terutama yang terkait dengan Penanggulangan HIV-AIDS dan Tata Cara Pemulasaran Jenasah Bermasalah di Masyarakat.  “Perlu diketahui bahwa data kasus HIV –AIDS di Kabupaten Jombang terus meningkat,  untuk  tahun 2013 ini sudah   ada 60 kasus, dan untuk  bulan Mei  saja  tercatat 20 kasus”, tutur  Ashari  dari BNK.

Sementara itu dalam paparannya  KH. Drs. Abdur Rahman Usman mengungkapkan bahwa selain masjid sebagai tempat ibadah, masjid juga mempunyai fungsi social yakni sebagai sentral seluruh  umat  Islam, antara lain sebagai sarana peningkatan pendidikan umat islam, peningkatan peran social umat, pembelajaran politik umat, pembinaan remaja, dan meningkatkan syiar agama Islam.  (Wati_SJAM)

 

Jombang, 29 Mei 2013

BAGIAN HUMAS