Jombang Ambil Bagian Pada BBGRM XIV dan HKG PKK Ke 45 Jatim

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 08 Mei 2017

Usai seremonial pencanangan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Tahun 2017 Jawa Timur, rombongan Gubernur Provinsi Jawa Timur mengunjungi stand pameran produk unggulan Kabupaten/Kota dan OPD Provinsi Jatim juga  pameran TP PKK Provinsi Jatim. Termasuk mengunjungi stand pameran Kabupaten Jombang.

Pak De Karwo bersama Bude Karwo dan rombongan saat melihat produk-produk pelaku usaha Jombang, disambut oleh  Tjaturina Wihandoko, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, yang juga Ketua Dekranasda Jombang serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jombang. Beberapa produk yang dipajang banyak yang  menarik perhatian Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Nina Soekarwo juga Fatma Syaifullah Yusuf istri Wakil Gubernur Jatim.

Diantaranya tas Mumtaz Decoupage dan Cluth Na.Ra craft, serta produk unggulan lainnya. Beberapa produk sempat dipilih dan dibelinya “Luar Biasa, produknya sangat cantik, bagus-bagus”, tutur bude Karwo saat membeli dompet dan tas.

Gubernur Jatim Soekarwo membuka puncak peringatan BBGRM dan HKG PKK  yang dipusatkan di GOR Lembupeteng, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, pada  Rabu (3/5/2017).

Pada pencanangan ini juga dilakukan ikrar gotong royong yang dibacakan  oleh elemen masyarakat di Kabupaten Tulungagung. Ada sekitar 15 orang perwakilan ikrar gotong royong.

Isi ikrar berisi tentang kesetiaan dalam mempertahankan dan menjunjung tinggi budaya gotong royong yang merupakan nilai luhur bangsa yang harus dijadikan ruh dalam segala aspek kehidupan.

Diungkapkan, semangat gotong royong harus menjadi benteng Pancasila dan UUD 1945, demi kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Momentum ini juga mengapresiasi kader PKK. Diantaranya memeberikan  penghargaan pin emas kepada kader PKK yang telah mengabdi selama 15 tahun lebih oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP -PKK) Provinsi Jatim Hj. Nina Soekarwo.

Ada 75 kader PKK yang diberikan pin emas dan penghargaan untuk 10 kader PKK berprestasi. Kader PKK dari Kabupaten Jombang yang menerima pin emas PKK dan piagam Adhi Bhakti Madya PKK adalah Daru Hastarini dan Eli Astuti.
Penghargaan ini diberikan sebagai ungkapan apresiasi dan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutannya  mengemukakan bahwa sejarah telah membuktikan semangat kebersamaan dan gotong royong merupakan faktor penentu keberhasilan mewujudkan kemerdekaan. Nilai kebersamaan dan kegotongroyongan patut dikembangkan dan terus didayagunakan sebagai nilai pembangunan termasuk Gerakan Nasional Bulan Bhakti Goyong Royong Masyarakat (BBGRM).

Apalagi saat ini masih banyak persoalan seperti kemiskinan dan pengangguran. Kondisi itu diperparah dengan bencana alam yang sering terjadi Melalui kegiatan BBGRM diharapkan peran lembaga kemasyarakatan seperti PKK, Karang Taruna, LPM dapat dioptimalkan untuk mewujudkan pembangunan.

Pak De Karwo mengapresiasi peran PKK, para relawan tanpa pamrih didalam mengawal para Ibu Hamil Resiko Tinggi. Sehingga Angka Kematian Ibu dan Bayi di Jawa Timur makin menurun.

"Semoga kegiatan ini menjadi motivasi bagi PKK untuk lebih meningkatkan kiprah dan jati dirinya mendukung pembangunan," tandasnya.

Bude Karwo pada dalam sambutannya meningatkan para Ketua Tim Penggerak PKK untuk meningkatkan program deteksi dini kanker leher rahim, yang merupakan program PKK Pusat. Puncak peringatan rangkaian BBGRM XIV dan HKG PKK ke 45 dimeriahkan berbagai kegiatan. Di antaranya, gelar pameran produk unggulan kabupaten/kota dan OPD di Provinsi Jatim. (Wati_Kominfo)