Jambore Anak Jombang 2018, Komitmen Lahirkan Generasi Muda Berkarakter

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 03 Juli 2018

 “Anak Indonesia.. Seratus Persen Cinta Indonesia”, “Forum Anak Jombang… Sehat, Kompak dan Peduli”,Itulah Yel Yel yang disuarakan 155 anak Peserta Jambore Anak 2018 di Wonosalam Traning Center (WTC), Selasa (3/7/2018) pagi.  

Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Jombang menyelenggarakan Jambore Three Ends Forum Anak Jombang 2018 di Wonosalam Traning Center (WTC). Kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Yakni pada 3-4/ Juli /2018). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2018 dengan tema “Membangun Generasi Muda Berkarakter Untuk Indonesia”.

Kepala Dinas PP dan PA Kabupaten Jombang Nurkamalia, MKes, mengatakan jambore tersebut sebagai upaya meningkatkan komitmen, kepedulian dan peran serta Forum Anak Jombang dalam upaya  pencegahan kekerasan dan pemenuhan hak anak serta pengembangan potensi diri.

"Jambore Anak adalah salah satu wujud komitmen Pemkab Jombang, kepedulian  dalam melaksanakan perlindungan dan pemenuhan hak anak antara lain dengan mengembangkan program Kabupaten Layak Anak yang meliputi klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga, dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta perlindungan khusus," kata Nur Kamalia

Nur Kamalia juga mengatakan kegiatan jambore tersebut sebagai ruang bagi anak Jombang untuk berkomunikasi, menumbuhkan sikap kesetiakawanan, kreatifitas, meningkatkan potensi diri dan peran aktifnya dalam mempromosikan pemenuhan hak anak. Kedepan Jombang sebagai kabupaten Layak Anak berkomitmen melahirkan anak-anak yang berkarater, berprestasi baik disekolah maupun di luar sekolah.  

Anak-anak yang hadir dalam event tersebut ,tergabung dalam Forum Anak Kabupaten Jombang, perwakilan Forum Anak Kecamatan, Forum Anak Desa juga dihadiri perwakilan dari Forum Anak Kabupaten Kota Pasuruan, Mojokerto, Kediri, Nganjuk, Gresik, Batu, Tulungagung, Malang dan Surabaya.

Drs. Purwanto, MKP mewakili Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang ini memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak peserta Jambore. Menurutnya, Jambore Anak adalah ajang yang tepat  untuk memperkuat silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan anak Jombang, serta menimba ilmu. Melalui jambore ini mereka juga diperkenalkan dengan aneka kegiatan yang bertujuan untuk menempa mental spiritual anak serta cinta tanah air dan bangsa, sebagaimana karakter bangsa Indonesia. Apalagi anak-anak era milenial ini adalah generasi yang  dihadapkan pada era globalisasi, pengaruh teknologi dan informasi yang global.

Melalui kegiatan jambore ini anak akan diajak untuk cerdas, aktif, menguji solidaritas, jiwa social, dan kekompakan. Wabup Jombang melalui Asisten Pemerintahan juga mendorong Forum Anak Jombang untuk  semakin memperkuat langkahnya guna melakukan upaya preventif mencegah kekerasan terhadap anak. Kegiatan Jambore Anak kedepan diharapkan kuantitas, kualitas dan kemasan kegiatannya makin ditingkatkan.

Selama dua hari ini anak-anak usia SMP sederajat dan SMA sederajat ini akan menerima bekal materi tentang kepribadian anak, dari Psikolog. Materi seputar Bahaya Napzah dan Pornografi, dari Polres Jombang. Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja dari Dinkes, Religi serta outbond. (Humas/Kominfo)