Dua Tahun Berturut Turut, Perpustakaan Jombang Menjadi Yang Terbaik Nasional

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 10 Juli 2018

Event Perpuseru Indonesia tahun 2018 kembali menobatkan Perpustakaan Jombang menjadi yang terbaik secara nasional. Acara yang diselenggarakan oleh Coca Cola Foundation dan Bill and Melinda Gates Foundation kali ini di Hotel Grand Ambarrukmo, Yogyakarta selama 2 hari, yaitu tanggal 5 - 6 Juli 2018

Keberhasilan ini tentunya merupakan upaya  Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Jombang yang terus berupaya untuk mengembangkan perpustakaan sebagai jendela dunia yang didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Jombang.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua perpustakaan Jombang kembali mendapatkan penghargaan di ajang Perpuseru Award 2018,”ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, Selasa (10/7/18).

Dengan demikian, terhitung sejak ikut bergabung dengan kegiatan Perpuseru pada tahun 2017, Perpustakaan Umum Kabupaten Jombang yang juga dikenal dengan Perpustakaan MASTRIP Jombang ini, telah meraih dan mempertahankan penghargaan sebagai Perpustakaan Terbaik Nasional selama 2 tahun berturu-turut.

Tak hanya itu, pada saat yang sama Perpustakaan Desa (Perpusdes) Percontohan di Jombang, yakni “Tondomaos” yang berada di Desa Tondowulan Kecamatan Plandaan dan Perpusdes Karanglo Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno, juga mendapatkan Penghargaan sebagai Perpustakaan Desa Terbaik Tahun 2018.

Dua perpusdes ini juga berhasil mempertahankan gelar Perpustakaan Terbaik Nasional selama 2 tahun berturut turut semenjak bergabung dengan program perpuseru tahun 2017 silam.

Event Perpuseru Indonesia Tahun 2018 ini dihadiri mitra program perpuseru di seluruh Indonesia, diantaranya : perpustakaan daerah, perpustakaan desa, taman bacaan masyarakat juga stakeholders swasta.

Plt Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan selamat kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang yang telah meraih penghargaan sebagai Perpustakaan terbaik Nasional.

“Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Jombang memberikan apresiasi kepada perpustakaan Mastrip Jombang. Ke depan harus dipertahankan dan lebih baik lagi karena sudah 2 tahun berturut turut mendapat penghargaan perpustakaan terbaik nasional,”ucap Hj.Mundjidah Wahab

Harapan ke depan,Lanjut Hj.Mundjidah Wahab Program Perpuseru Jombang bisa dikembangkan secara mandiri dan segera diaplikasikan ke seluruh desa di Kabupaten Jombang. “agar manfaat nyata yang dihasilkan bisa lebih dirasakan ke semua lapisan masyarakat,”Pungkasnya

Bermacam-macam kategori dalam penganugerahan Perpuseru Award 2018 ini misalnya Penghargaan cerita terbaik, penghargaan video cerita terbaik, penghargaan perpustakaan daerah terbaik dan penghargaan perpustakaan desa terbaik.

Selain penganugerahan Perpuseru Award pada kegiatan ini juga digelar Peer Learning Meeting (PLM) yakni sebuah Pertemuan untuk melaksanakan Sinergitas dalam sebuah tema "Transformasi Perpustakaan sebagai Pusat Belajar dan Berkegiatan Masyarakat berbasis Inklusi Sosial untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat".

Acara PLM tersebut dihadiri oleh 18 propinsi, 180an Perpustakaan Daerah/Kota juga 600an Perpustakaan Desa/TBM di seluruh Indonesia. Total peserta pada acara PLM Akbar 2018 tersebut adalah 1467 peserta, sehingga ini merupakan PLM yang terbesar dari sebelumnya. (Hms/Kominfo)