Bupati Minta Bawasda Turun Tangan

  • Bagian Humas
  • Selasa, 20 Januari 2004

"Saya sudah menugaskan Bawasda turun tangan meneliti kasus ini. Sepertinya baru tadi pagi (kemarin, Red) turun lapangan," kata Bupati Suyanto.
     
     Meskipun belum mendapat laporan resmi atas hasil penelitian yang dilakukan oleh Bawasda, namun Suyanto mengaku sudah mengetahui masalah yang sebenarnya. "Saya sudah mengetahui permasalahan ini. Karena itu, secara internal akan kami tindaklanjuti," ungkapnya.
     
     Sedangkan Wakil Bupati Ali Fikri yang ditanya masalah ini juga mengaku semasa dirinya masih menjadi anggota DPRD pernah mendapatkan kabar adanya penyimpangan di Balai Uji Kir. "Dulu pernah saya tanyakan ke Dinas Perhubungan. Karena itu, Bawasda harus serius menangani masalah ini," kata Ali Fikri.
     
     Sayang, Kepala Bawasda Munif Khusnan belum berhasil dikonfirmasi. Saat didatangi di kantornya, Munif tidak ada di tempat, sedang pergi ke kantor pemkab. "Pak Munif masih ke pemkab," ujar staf perempuan di Bawasda.
     
     Sementara itu, dari DPRD diperoleh keterangan, bahwa komisi C akan memanggil kepala UPT Balai Uji Kir. Kepala Dinas Perhubungan dan kepala Dinas Pendapatan pada Rabu (21/1) mendatang. "Langsung kami agendakan untuk memanggil kepala uji kir dan Dinas Perhubungan," ungkap Suharto K, ketua Komisi C DPRD Jombang, kemarin (19/1).
     
     Dikatakan, melihat contoh kuitansi pembayaran retribusi yang dikeluarkan oleh UPT Balai Uji Kir, memang terdapat beberapa kejanggalan. Misalnya, di lembaran kuitansi tidak terdapat penomoran, sedangkan penomoran hanya dilakukan dengan cara cap stempel. "Kalau modelnya seperti ini, ya rawan penyimpangan," kata Suharto.
     
     Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di UPT Balai Uji Kir ditengarai ada penyimpangan dalam penyetoran hasil retribusi uji kir ke Dinas Pendapatan. Tengara ini semakin kuat, setelah beberapa kuitansi dicocokkan dengan lembar setoran, yang ternyata tidak sesuai. Akibat penyimpangan ini, tidak seluruh penerimaan retribusi uji kir masuk ke dalam PAD. (nk)