POTENSI WISATA SENDANG MADE

  • Kecamatan Kudu
  • Minggu, 23 Juli 2017

 

Desa Made berada di Kabupaten Jombang , sebelah utara Sungai Brantas yang membelah Kabupaten jombang menjadi dua , mengalir dari sisi barat ke timur . Sejak jaman dahulu Sungai tersebut banyak menjadi saksi sebagai pusat kegiatan ekonomi dari kerajaan – kerajaan Nusantara dan Manca negara . Sejak  zaman Mpu Sindok sampai Majapahit akhir .

Wisata Sendang Made tidak lepas dari cerita sejarah Prabu Airlangga ,pada Abad XI M yaitu waktu masa pelarian / pengungsian dari kerajaan yang diserang musuh . Dalam masa pelarian menyamar sebagai tukang pembuat emas ( kemasan ) di Sendang Made, dulu dikenal sebagai Dempo Madukoro ( Desa Made ) selain sebagai pengrajin emas juga berprofesi sebagai grup kesenian keliling ( tandak ngamen ).Itulah awal kisah hingga saat ini dipercaya Sendang Made merupakan punden (tempat bersemayam para leluhur ) dari berbagai macam profesi seni .

Peran Pemerintah Daerah dalam melestarikan warisan budaya tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan acara  berupa Kumkum sinden di Sendang Made di ikuti oleh seniman – seniwati dari wilayah Kabupaten Jombang dengan tujuan agar tidak terjadi kesenjangan diantara seniman , tidak menganak emas kan sinden tetapi lebih menekankan kepada pembersihan jiwa para pelaku seni semua , agar tahun mendatang lebih bisa berkarya kearah lebih baik / profesional .

Sampai saai ini Fasilitas di sendang Made yang telah tersedia untuk menunjang kegiatan antara lain :

  1. Pendopo untuk kegiatan pertemuan , SLA tembakau , reuni sekolah , Latihan  Dasar Kepemimpinan Siswa ( OSIS ) SMPN Kudu dan Ngusikan , Komunitas Honda CB , Komunitas Sepeda Onthel , Latber Motor Trail .
  2. Halaman , lomba gambar PAUD DAN TK se kecamatan Kudu , Ngusikan  .Lomba Kegiatan TPQ , Pertunjukan kesenian Ludruk
  3. Adanya sarana pendukung , Mushola 1 unit , MCK 3 Unit . Warung 2 angkringan .