Uji Kir Kendaraan Di Jombang Kini Gunakan Sistem Drive Thru

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Jumat, 21 Juli 2017

Para pemilik kendaraan bermotor di Kabupaten Jombang yang akan melakukan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dalam hal ini adalah uji kir kendaraan kini lebih mudah dan cepat. Hal ini karena Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang, secara resmi memiliki pelayanan drive thru.

Layanan drive thru yang ditempatkan di UPT Dinas Perhubungan Jombang, di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto, tersebut secara resmi dilaunching oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Rabu (19/7/17). "Ini sebuah terobosan besar, dimana uji kir memaksimalkan teknologi IT. Pemohon uji KIR tidak usah keluar dari mobil, karena ada sistem teknologi," kata Bupati Nyono mengapresiasi.

Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, mengatakan tujuan diberlakukan sistem ini untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada masyarakat pengguna jasa Pengujian Kendaraan Bermotor menjadi lebih praktis dan cepat. “Jika sebelumnya pelayanan untuk melakukan uji KIR membutuhkan waktu 30 menit, kini hanya 10 hingga 15 menit sudah bisa dilakukan,”Tandas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Nyono, mengatakan ini juga sebagai wujud Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang dalam hal memangkas sitem pelayanan KIR yang terlalu panjang dan juga menghilangkan potensi pungli yang kerap kali muncul saat mengurus KIR.

Sepakat dengan Bupati, Imam Sudjianto Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jombang menegaskan penggunaan sistem drive thru ini bisa menghapus praktik percaloan yang selama ini kerap terjadi di tempat-tempat pengujian kendaraan bermotor

Sedangkan tujuan diberlakukan sistem ini, lanjutnya untuk memudahkan dan memberi kenyamanan pada masyarakat pengguna jasa PKB menjadi lebih praktis dan cepat. “Saat uji kir kendaraannya pemilik kendaraan tidak perlu turun dari mobilnya, cukup duduk di dalam kendaraannya hingga proses uji kir selesai,”Pungkasnya. (Jodi/Kominfo)