Bupati Jombang, Kader Pemberdayaan Masyarakat Harus Jadi Pelopor Pembangunan Desa

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 18 Juli 2017

Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, mengajak agar para Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) menjadi pelopor penggerak pembangunan Desa. Demi kepentingan pembangunan Desa, relawan KPM yang berada di desa masing-masing diharapkan bisa menjalankan tugas dan peran dengan landasan keikhlasan.

Para relawan KPM harus lebih mengutamakan kepentingan desa daripada pribadi masing-masing. Hal itu dikatakan Bupati Nyono saat bertemu dengan para KPM di Pendopo Kabupaten, Senin (17/7/07) di acara silaturahmi dan halal bihalal.

Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) merupakan pelopor dan penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Jombang Sejahtera Untuk Semua. KPM yang ada didesa berasal dari unsur masyarakat yang dipilih oleh desa untuk menumbuhkan dan mengembangkan serta menggerakkan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong royong.

Oleh karena itu Bupati Nyono Suharli berharap KPM tumbuh sebagai sebuah gerakan yang dapat berperan dalam melaksanakan program prioritas pemerintah. “Oleh karena itu, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan KPM sangat perlu ditingkatkan utamanya dalam mendukung pembangunan desa,”harap Bupati.

Dikatakan, Darmadji Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Jombang  Di Kabupaten Jombang pada tahun 2017 masing masing desa membentuk kader pemberdayaan masyarakat sebanyak 10 orang.

KPM, Lanjutnya adalah relawan yang telah terpilih satu di masing-masing desa. Mereka, papar Darmadji, merupakan kader yang sudah harus siap mengabdi di desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “KPM sepenuhnya kehidupannya diabdikan untuk pembangunan desa,” katanya saat pembukaan sarasehan KPM Jombang.

Imam Mulyadi, salah satu kader KPM menegaskan bahwa ia dan rekan rekannya siap untuk mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Jombang. “Demi mendukung suksesnya pembangunan yang ada di Jombang dan demi kesejahteraan masyarakat, maka kami para kader KPM siap menjadi tim sukses pembangunan,”tegasnya yang langsung disambut tepuk tangan para kader KPM yang lainnya. (Jodi/Kominfo)