Sampaikan Paparan Program Adipura, Bupati Optimis Jombang Raih Adipura Paripurna

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Jumat, 16 Juni 2017

Upaya Kabupaten Jombang untuk kembali meraih Penghargaan tertinggi bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan yakni  Penghargaan Adipura sepertinya bakal terwujud. Sinyal tersebut tampak setelah pada Kamis (15/6/17), dengan lancar Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko menyampaikan paparan/presentasi terkait program dan kebijakan Adipura Kabupaten Jombang dihadapan Dewan Pertimbangan Adipura di Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK). Pemaparan program Adipura ini dilakukan terkait masuknya Kabupaten Jombang sebagai nominator penerima penghargaan adipura.

Sejumlah kebijakan dan kinerja pengelolaan lingkungan di Kabupaten Jombang di jelaskan secara langsung oleh Bupati Nyono Suharli dihadapan Dewan Pertimbangan Adipura yang berjumlah sembilan belas orang. Yang terdiri dari Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementrian  LHK, Ahli Persampahan, awak media dan Ahli Pemasaran.

Mengawali paparannya, Bupati Nyono memaparkan visi dan misi Pemkab Jombang, termasuk kondisi demografi wilayah Kabupaten Jombang mulai dari bidang ekonomi sosial, pembangunan, dan lingkungan hidup. Diantara kebijakan tersebut meliputi bidang lingkungan hidup, inovasi dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, pengolahan persampahan serta program bank sampah maupun penyediaan ruang terbuka hijau.

“Bahkan saat ini di Jombang mempunyai taman ASEAN yang menjadi taman satu satunya di Indonesia,”ungkap Bupati Nyono dihadapan para dewan penilai adipura ini.

Saat sesi tanya jawab, secara bergantian anggota Dewan Pertimbangan Adipura memberikan pertanyaan kepada Bupati Nyono Suharli, namun karena dalam program yang berkaitan dengan lingkungan ini Bupati Nyono selalu turun lapangan bersama masyarakat maka pertanyaan pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan penjelasan yang yang memuaskan Dewan Pertimbangan Adipura.

Usai melakukan presentasi Bupati Nyono Suharli berharap bantuan doa dari seluruh masyarakat Jombang, agar Kabupaten Jombang mendapatkan anugerah Adipura Paripurna. “Alhamdulillah tadi Saya sudah melakukan presentasi terkait program adipura dan kinerja tentang pengelolaan lingkungan di Kabupaten Jombang ,Sebab Kabupaten Jombang menjadi nominator penerima anugerah adipura paripurna. Sekarang giliran masyarakat yang mendoakan semoga Adipura yang utama dapat kita raih,”Kata Bupati Nyono Suharli usai melakukan presentasi.

Sementara, Ir.Yudi Adriyanto Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jombang mengatakan masuknya Kabupaten Jombang sebagai nominator peraih Adipura Paripurna adalah adanya upaya pengolahan sampah yang dikelola secara modern. Yakni, pengelolaan sampah yang mengacu pada konsep "reuse" (penggunaan kembali), "reduce" (mengurangi), dan "recycle" (mendaur ulang). Serta program bank sampah baik di desa maupun di sekolah.

Hal lain yang menjadikan Kabupaten Jombang meraih poin tinggi dalam penilaian Adipura paripurna ini, lanjut Yudi adalah gerakan akar rumput (grass root) dalam pengelolaan lingkungan maupun penanganan sampah.

“Adanya partisipasi  masyarakat mulai dari bawah yang cukup tinggi dalam pengelolaan lingkungan maupun penanganan sampah di Jombang,ini sangat mendukung dalam penilaian ADipura,”ujarnya.

Yudi menambahkan, sebelum masuk menjadi nominator, penilaian lapangan sudah dua kali dilakukan oleh tim penilai pusat ke Kabupaten Jombang. Nilai yang diperoleh Kabupaten Jombang, dikatakan cukup baik, masuk  passing grade yang ditentukan KLH.  

“Tadi Bapak Bupati telah melakukan presentasi, selanjutnya mari kita berdoa sehingga Jombang berhasil menerima penghargaan adipura paripurna,” harap yudi.  (Jodi/Kominfo)