Bupati Nyono Suharli, PIK Remaja Sangat Penting Untuk Bentengi Remaja

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Jumat, 19 Mei 2017

Keberadaan PIK (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) di Kabupaten Jombang khususnya di sekolah-sekolah sangat penting bagi remaja. Salah satunya adalah upaya mengurangi permasalahan kegalauan dan kenakalan remaja. Oleh karena itu  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang terus berupaya mengembangkan.

“PIK Remaja sangat penting, guna menampung permasalahan kegalauan remaja dan mengarahkan mereka agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif,” kata Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko saat menghadiri Jambore PIKR (Pusat Informasi Konseling Remaja) di Aula Makodim 0814 Jombang, Kamis (18/5/2017).

Bupati Nyono Suharli mengatakan PIK Remaja merupakan wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelola oleh remaja atau pelajar sekolah guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

“PIK Remaja dapat dijadikan komunitas remaja di sekolah dan diharapkan menjadi kegiatan pengembangan inovasi dan kreatifitas siswa. Dan Pemkab Jombang sudah melakukan pembinaan remaja melalui PIK remaja diberbagai tempat,” ujar Bupati Nyono.

Tujuan pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi guru Bimbingan Konseling, pendidik sebaya dan konselor sebaya dalam melaksanakan konseling bagi remaa di sekolah. Meningkatkan pemahaman pengelolaan tentang PIK jalur sekolah dan meningkatkan keaktifan bagi sekolah yang belum melaksanakan PIK Remaja.

“Masa remaja merupakan masa transisi dalam kehidupan manusia, karena pada masa remaja itu terjadi banyak perubahan menuju proses kedewasaan,” ucapnya.

Masa remaja, kata Bupati Nyono ada banyak perubahan yang terjadi pada individu meliputi perubahan emosi, pikiran, perasaan, dan lingkungan pergaulan. Bila orang dewasa tidak tanggap dan bisa memberi solusi yang bagi remaja maka bisa masalah buat masyarakat.

“Mari kita bersama-sama melakukan pendampingan pada anak remaja kita agar tercipta generasi yang berkualitas, sehat, penuh semangat,” pungkas Bupati Nyono. (Jodi/Kominfo)