Pemkab Jombang Terus Berupaya Sukseskan Program Ketahanan Pangan Bidang Peternakan

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 16 Mei 2017

Gelar Pemeriksaan Sapi Gratis, Salurkan Bantuan Vitamin Hingga Salurkan Bantuan Mesin Dan Alat Pertanian

PLANDAAN – Dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan bidang peternakan, Pemkab Jombang melalui Dinas Peternakan pada Minggu (14/5) menggelar pemeriksaan kesehatan dan penyaluran bantuan vitamin sapi ternak. Wilayah yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah  di Dusun Kedungdendeng, Desa Jipurapah yang termasuk wilayah terpencil di Kecamatan Plandaan.

Untuk menjangkau Dusun Kedungdendeng sarana transportasi tercepat dan mudah adalah dengan menggunakan kendaraan roda dua. Sehingga rombongan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang akan menghadiri kegiatan tersebut harus menggunakan motor trill. Selain Bupati Nyono ikut dalam rombongan diantaranya Jajaran Forkopimda dan sejumlah anggota Polres dan Kodim 0814, serta para komunitas motor trill.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menyiapkan sapi induk yang unggul dalam mensukseskan program ketahanan pangan yaitu sapi indukan wajib bunting (siwab). Dengan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin secara rutin, diharapkan bisa meningkatkan populasi dan produksi sapi betina.

“Dalam kegiatan pemeriksaan tersebut ada sekitar 12 ekor sapi yang diperiksa,” ungkap Ahmad Jufri, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang.

Menurut Jufri, melalui kegiatan ini para peternak bisa mendapatkan berbagai informasi terkait cara memelihara ternak sapi yang benar. Sehingga sapi betina yang dipelihara dapat berkembang dengan baik dan sehat serta lebih produktif. “Dengan peternak konsultasi langsung kepada tim ahli kami, bisa meningkatkan produktivitas ternak sapi,” tambahnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, sapi betina juga mendapatkan suntikan vitamin. Ini bertujuan membantu peternak untuk menjaga kondisi kesehatan sapi yang dipelihara, serta menyiapkan indukan sapi yang lebih produktif. “Selain pola pemberian makan baik jenisnya maupun waktu pemberian makan, kebersihan kandang juga sangat berpengaruh. Karena itu pemeriksaan dilakukan secara berkala agar sapi ternak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan lebih produktif,” jelasnya.

Sementara itu di akhir kegiatan pemeriksaan kesehatan, Bupati Jombang Nyono Suharli mengatakan Pemkab Jombang akan terus berupaya meningkatkan produktivitas sapi. “Plandaan merupakan salah satu kecamatan yang menjadi basis sapi ternak di Jombang. Kami sangat mendukung peternak dalam meningkatkan produktivitas sapi, agar target swasembada sapi bisa terwujud,” kata Bupati Nyono.

Selain mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan penyaluran bantuan vitamin sapi ternak. Pada saat itu juga diserahkan bantuan bidang pertanian secara berturut turut di Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh yakni bantuan pompa air yang diberikan kepada kelompok tani (Poktan) setempat.

Juga penyaluran bantuan untuk untuk Gapoktan Desa Jipurapah berupa Transplanter, sebuah Handstraktor, Pompa Air dan Sebuah Combine Harvester yang dilangsungkan di Balai Desa Jipurapah. (Jod/Kominfo)