Turunkan Angka Kemiskinan Di Jombang Melalui Program Jalin Matra

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 15 Mei 2017

Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur tahun 2017 untuk mempercepat dan memperluas dalam penanggulangan kemiskinan di Jawa Timur terus dilakukan salah satunya melalui program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) yang disosialisasikan sampai ke daerah.

Salah satunya yang dilakukan di Pemkab Jombang,  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melakukan sosialisasi Jalin Matra yang di ikuti oleh ratusan peserta peserta lokasi jalin matra bertempat di Pendopo pemkab Jombang, Senin  (15/05/2017). Mereka terdiri dari Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Kasi PMD Kecamatan, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Bendahara Desa, Direktur BUMDesa juga pendamping. Dengan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi, Kabupaten juga Bapeda Jombang.

Disampaikan oleh Darmaji, Kepala DPMD Jombang, bahwa dana Jalin Matra yang sudah di kucurkan di Kabupaten Jombang sudah sekitar 8,1 M. Tujuan dari kegiatan sosialisasi program Jalin Matra ini untuk menyamakan persepsi program Jalin Matra yang memiliki 3 kegiatan unggulan, di antaranya, bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2). Lokasi jalin Matra 2017 di Kabupaten Jombang diantaranya adalah kecamatan Kudu, Ngusikan, Peterongan, Kesamben dan Jogoroto.

Sosialisasi yang dibuka Ir. Tjaturina Wihandoko, MM Ketua TP PKK Kabupaten Jombang ini menegaskan, bahwa penerima program  Jalin Matra di Kabupaten Jombang harus tepat sasaran. Program ini, telah berhasil meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Jombang.  

“Pada dasarnya Jalin Matra ini untuk membantu mendorong ketahanan sosial ekonomi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar, mendorong agar masyarakat mampu melakukan ekonomi produktif berdasar potensi ekonomi lokal didesanya,” tutur Tjaturina Wihandoko

Kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, maupun Desa Tjaturina berharap untuk turut mengawal program ini. Utamanya kepala rumah tangga perempuan, bagaimana mendampingi mereka dari awal hingga akhirnya  mereka benar-benar berhasil dan mandiri. Diharapkan program ini sebagai program yang berkelanjutan dalam rangka untuk mengantisipasi adanya perangkap kemiskinan pada kepala rumah tangga perempuan (KRTP). Melalui jalin matra PK2, nantinya akan memperkuat keberadaan kelembagaan baru di pedesaan, yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).