Tudung Saji Cantik Dan Tempat Tisu Buatan Kader PKK Kabupaten Jombang

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 15 Mei 2017

Aneka tudung saji dan kotak tempat tisu cantik berhasil dibuat oleh  ibu ibu PKK Pokja 2, dari 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang. Bertempat di gedung PKK Kabupaten Jombang (15/5/2017) pagi,  para green angel ini, dengan tekun dan telaten mengikuti arahan tutor  untuk membuat tudung saji dan tempat tisu. Sebagai pemula, hasil karya dan kreasi Ibu Ibu PKK  cukup bagus, menurut Husnul Yakin dari Yan’s Collection beserta tim yang telah memberikan pelatihan.

Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko MM Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang mengapresiasi positif program kerja Pokja 2 TP PKK Kabupaten Jombang yang memberikan pelatihan membuat tudung saji dan tempat tisu. Menurut Tjaturina, pelatihan yang sangat bermanfaat ini apabila  terus di asah dan ditekuni akan menghasilkan karya yang jauh lebih bagus, baik kreatifitasnya juga kualitasnya.

“Terima kasih saya sampaikan pada  narasumber yang telah berkenan membagi ilmunya kepada peserta dari 21 kecamatan. Semoga ini menjadi ilmu yang bermanfaat. Bermanfaat bagi peserta, juga menjadi ladang pahala bagi si pemberi ilmu. Apalagi kalau nantinya ilmu yang diperoleh ibu-ibu ini di tularkan  lagi kepada ibu-ibu lainnya didesa”, tandas Tjaturina Wihandoko.   

Tudung saji sangat bermanfaat untuk menutup hidangan yang tersaji dimeja agar lebih tetap hiegienis terhindar dari debu, serta  aman tidak dihinggapi lalat dll. Manfaat yang kedua, dengan ibu-ibu memiliki  kemampuan membuat tudung saji dan empat tisu,  akan memiliki nilai ekonomis apabila terus dapat dikembangkan, dapat menjadi peluang usaha.

“Awalnya mungkin membuat tudung saji untuk  keperluan diri sendiri, tapi  selanjutnya tidak ada salahnya jika hasil karyanya yang sudah bagus dijual. Yang terpenting adalah kualitasnya bagus, kreatif, inovatif dan memiliki daya saing.”, tutur Tjaturina

Menyinggung tentang perlunya dibuat tempat tisu agar tampilannya jauh  lebih menarik jika dibandingkan tisu yang di sajikan tanpa  tempat, istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini juga mengingatkan para kader untuk memahami jenis-jenis Tisu dan penggunaannya. Disampaikannya bahwa banyak jenis tisu,  diantara  facial tissue untuk mengelap wajah, ada toilet tissue, napkin tissue untuk membersihkan mulut seusai makan dan multi purpose tissue untuk membersihkan segala hal. Para kader PKK harus dapat menggunakan tisu sesuai dengan peruntukannya.