Alhamdulillah, Honor Guru Ngaji Dan Bantuan Tempat Ibadah Di Jombang Segera Cair

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 04 Mei 2017

Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, ribuan Guru Ngaji Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di Kabupaten Jombang bisa tersenyum, hal ini karena honor mereka segera cair. Tidak hanya itu bantuan untuk pemeliharaan tempat ibadah pun juga segera dapat dicairkan. Hal ini diketahui saat diadakannya sosialisasi bantuan hibah tempat ibadah dan honor guru ngaji TPQ untuk Tahun anngaran 2017 di Pendopo Kabupaten, Rabu (3/5/17).

Di jelaskan M.Bisri Kabag Kesra Setda Jombang, Tahun ini (2017) Pemkab Jombang menyiapkan anggaran sebesar 3 Milyar Rupiah yang akan di salurkan kepada 1.000 TPQ, tiap TPQ akan mendapat bantuan sebesar 3 Juta Rupiah. Sahingga untuk tiap guru ngaji akan mendapat honor 1 Juta, dengan asumsi per TPQ terdapat 3 Guru Ngaji.

Tidak hanya honor guru ngaji yang segera bisa dicairkan, dana pemeliharaan tempat ibadah di Jombang juga menyusul cair. Untuk pemeliharaan tempat ibadah, Tahun 2017 Pemkab Jombang menganggarkan anggaran sebesar 5.423.000.000 Milyar Rupiah yang akan disalurkan kepada 383 tempat ibadah. Dengan rincian 123 Masjid, 226 Musholah, 2 Gereja dan 1 Pure dan untuk 31 lembaga yang lainnya.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko saat memberikan sambutan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru ngaji di Jombang atas perannya yang strategis dalam membentengi akhlak anak anak dari pengaruh negatif yang berkembang saat ini.

“Meskipun sedikit, ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada seluruh guru ngaji yang ada di Jombang, terima kasih atas perannya dalam meletakkan dasar agama bagi generasi penerus bangsa,”tutur Bupati.

Terkait bantuan tempat ibadah, Bupati kembali menegaskan khususnya umat muslim di Jombang agar mendukung gerakan Sholat Subuh berjamaah di masjid/musholah. “Tiap tahun kita selalu mencairkan dana bantuan untuk pemeliharaan masjid dan musholah oleh sebab itu mari kita makmurkan. Sangat disayangkan apabila masjid dan musholahnya bagus namun jamaahnya sedikit,”tandas Bupati. (Jodi/Kominfo)