Kantor - Arsip PDE dan Perpustakaan

Selamat Datang Di Website Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan.. "JOMBANG SEJAHTERA UNTUK SEMUA"

          HEADLINES NEWS         

BAZAR MAKANAN

DALAM RANGKA

MAULID NABI MUHAMMAD SAW

 

Sejak pagi sepuluh ribu lebih masyarakat Kabupaten Jombang sudah menunggu untuk mendapatkan makanan dan minuman gratis dari bazar yang diadakan oleh Pemkab Jombang pada Minggu (25/1/15) pagi. Lokasi yang dipilih adalah disepanjang Jalan KH.Wahid Hasyim yang tiap minggu rutin diadakan Car Free Day. Dalam bazar ini makanan dan minuman sengaja digratiskan karena ini adalah bentuk shodaqoh dari pimpinan dan staff SKPD lingkup Pemkab Jombang (Badan,Dinas, Kantor, Bagian dan Camat), BUMN/BUMD, Bank, Persit, Bhayangkari, Fatayat NU,Perwosi, PKK, paguyupan Kades di beberapa kecamatan, dari perusahaan CJI Jombang.

 

Kegiatan yang bertema dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1436 H kita sukseskan usaha ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan UMKM menuju Jombang sejahtera untuk semua, adalah merupakan tindak lanjut himbauan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko sebagai menggagas kegiatan agar aparatur Pemkab Jombang membudayakan gerakan santunan atau shodaqoh.  “Harapan  Saya nantinya tidak hanya pada peringatan Maulid Nabi saja tetapi juga bisa dikembangkan pada peringatan peringatan hari besar Islam lainnya,tetapi kita utamakan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad,”tuturnya.

Bahkan kalau dikaitkan dengan hari kelahiran Rosululloh tambah Bupati Nyono Suharli, siapa saja yang mendapatkan rejeki dan sebagian diberikan kepada yang berhak maka itu akan menjauhkan dia dari musibah dan balak. “Bahkan akan dibalas Allah dengan rejeki yang melimpah,oleh karena itu apabila kita mendapatkan rejeki  jangan lupa untuk bershodaqoh,”tambahnya.

Bupati Nyono Suharli mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk memberikan ruang dalam perputaran uang secara multiplayer efek bagi pedagang kecil yang menjadi peserta bazar. “Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap terwujudnya visi misi Jombang yakni sejahtera untuk semua,”tuturnya.

 

Dihadapan media yang meliput kegiatan pagi itu, Bupati Nyono Suharli menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan bazar  gratis  yang langsung di hadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur H.Shaifulloh Yusuf. “Terima kasih kepada Staff Ahli Bupati, Asisten,Pimpinan SKPD,Camat dan staff, Paguyupan Kades ,Pimpinan PD.Bank Jombang,PDAM,PD.Panglungan,PD.Aneka Usaha Seger, Bank Jatim, Bank BRI,PT.CJI Jombang,fatayat NU,Persit,Bhayangkari, seluruh pedagang ,pengunjung dan TNI/Polri serta madia yang meliputatas partisipasinya dalam bazar gratis untuk memperingati mauled Nabi Muhammad SAW,”Ungkap Bupati Nyono Suharli.

Bupati Nyono Suharli juga mengatakan bahwa kegiatan bazar gratis ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan solidaritas soasian  sekaligus untuk memberikan gairah bagi pedagang kecil yang menjadi peserta bazar karena pertumbuhan dan perkembangan pedagang UMKM menjadi salah satu soko guru tegaknya perekonomian rakyat dan UMKM pernah menyelamatkan Indonesia dari krisis ekonomi.  “Saya berharap kegiatan gerakan shodaqoh yang mulia  perlu dilestarikan dan dikembangkan di sekolah atau di masyarakat utamanya bertepatan dengan moment maulidan agar mendapat syafaat dari Rosululloh SAW,”harapnya.

Bahkan Bupati Nyono Suharli sangat berharap jika memungkinkan gerakan shodaqoh ini agar dijadikan agenda rutin sekaligus sebagai gerakan solidaritas social dan gerakan suri tauladan bagi masyarakat yang lebih beruntung hidupnya untuk berbagi rasa dengan masyarakat yang lain. “Semoga amal yang telah diberikan mendapat ridlo Allah SWT dan mendapat sayafaat dari Rosulullh SAW,”tambahnya yang diamini oleh seluruh yang hadir pada saat itu.

 

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur H.Shaifulloh Yusuf yang membuka bazar gratis tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik karena sangat berefek ekonomi terutama ke UMKM  ini adalah sesuatu yang tidak terpisahkan. “ini adalah salah satu strategi untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama UMKM ,”katanya.

Gus Ipul Juga mengatakan bahwa ini adalah tradisi yang baik yang sudah dimulai oleh Bupati di Kabupaten Jombang, jadi tinggal didorong untuk kegiatan yang lain sebagai contoh kegiatan di adakan di malam hari, karena yang penting adalah adanya pertemuan antara stekholder dengan masyarakat yang disitu ada perputaran ekonomi.  “Semoga nantinya bisa disusul dengan putaran putaran ekonomi yang lain yang dapat membuat masyarakat kita siap untuk menghadapi masyarakat ekonomi asean. Kalau kita lihat kuliner yang saat ini ikut dalam kegiatan saat ini adalah makanan makanan yang sehat, layak saji  sehingga tinggal ada pendampingan untuk mendapatkan produk yang punya daya saing,”katanya.

Dian Kurniawan salah satu pengunjung yang datang dari Desa Kepanjen mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut meski harus menunggu sejak pagi, menurutnya kegiatan semacam itu perlu diadakan secara rutin karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Jombang. “banyak teman teman saya tadi yang tidak kebagian makan dan minum karena terlalu berjubel nya masyarakat yang hadir, tetapi kita senang karena biasa bersama sama dengan masyarakat jombang yang lain,”katanya. Sementara itu Dinda dari Kecamatan megaluh mengaku tidak kecewa meski tidak kebagian, karena sudah merasa senang bisa berolah raga rekreatif dijalur Car Free Day dengan Suasana yang baru. “tujuan utama saya kesini adalah berolah raga jadi meski tidak kebagian juga tidak masalah,”ujarnya.

Hal ini memang tidak dapat dipungkiri meski panitia telah menyiapkan kemasan menu makanan yang berjumlah 10 ribu lebih namun jumlah masyarakat pengunjung melebihi menu yang di siapkan oleh panitia. “Kita sudah berupaya agar seluruh pengunjung dapat menikmati bazar gratis ini, namun diluar dugaan bahwa masyarakat yang datang sangat luar biasa jumlahnya,”Kata Purwanto Asisten I selaku Koordinator Pelaksana acara.

 

Berdasarkan data dan kondisi dilapangan kegiatan bazar ini diikuti oleh 73 peserta dan masing masing peserta mengeluarkan sedikitnya 150 kemasan makanan minuman  dengan harga masing masing kemasan berkisar Rp 10.000 an. Sehingga uang yang berputar dari donator kepada pedagang peserta bazar berjumlah kurang lebih 100 Juta-an rupiah.

“Atas nama panitia pelaksana Saya mohon maaf yang sebesar besarnya karena belum bisa memuaskan seluruh pengunjung dan terima kasih atas partisipasi dan kehadirannya untuk mensukseskan gerakan shodaqoh aparatur pemkab melalui kegiatan bazar gratis ini,”Imbuh Purwanto.

Sepanjang jalan Wahid Hasyim lokasi bazar juga di meriahkan dengan hiburan music sholawat 1000 rebana, Al banjari/Zapin dari Ponpes Majmal Bahrain, muasik dangdut , elektone tunggal, band anak anak, sanggar keroncong Jombang. disamping itu juga dilakukan kegiatan sosial semisal pemeriksaan kesehatan ringan gratis  dari Dinas Kesehatan ,RSUD, Mahasiswa STIKES Pemkab Jombang dan kegiatan donor darah oleh UPTD PMI Jombang.

 

Sebelumnya Bupati Nyono Suharli juga telah memberikan santunan kepada 500 Anak yatim Piatu bertepatan dengan acara pengajian umum dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pada tanggal 20 januari 2015 di Pendopo kabupaten Jombang. (AndikJodi_Humas)