Berita
Arsip Berita
Pencarian Berita
E-mail Pemkab
Layanan Online
Download Apendo Peserta
Download Apendo Panitia

Pengumuman Pengadaan Barang/Jasa
Download Patokan Harga Satuan Pekerjaan
Buku Tamu
Link
CSR-PKBL
DPRD Jombang
Badan Perizinan
Dinas Pendidikan
Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Korpri
Kantor Penanaman Modal
Pemprov Jatim
Anda Pengunjung ke :
84679
 
Warta Jombang
Menuju Desa Karanglo Mandiri
Melalui Kegiatan Pembangunan Fisik Program  NEIGBOURHOOD
DEVELOPMENT / PLPBK (Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Pemerintah. Demikia Program Kegiatan PLPBK yang dilaksanakan di desa Karanglo, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang . Sesuai dengan misinya mewujudkan Ds. Karanglo yang sehat, asri dan berdaya saing. Jumlah penduduk Desa Karanglo sebanyak 5676 orang. Luas wilayahnya 338.501 Ha dan luas lahan pertanian 223.450 Ha. Desa ini mempunyai produk unggulan yaitu genteng, bata merah, tahu dan agro industri.
Program kegiatan penataan lingkungan permukiman yang saat ini dalam proses perencanaan dan pelaksanaannya melibatkan masyarakat secara aktif (buttom up planing) merupakan program reward dari program regular. Dan lingkup wilayah perencanaannya adalah desa atau kelurahan.

Menurut Habib Hafir Kepala Desa Karanglo, Desa Karanglo adalah salah satu dari lima desa di Kecamatan Mojowarno yang berhasil mendapatkan ND (Neigbourhood Development) karena termasuk desa yang memenuhi persyaratan, diantaranya adalah karena nilai RR (Repayment Rate) yang tinggi, selain itu BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Karya Bhakti dianggap sudah mendiri dan mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat partisipatif lainnya.
Maksud dan tujuan kegiatan Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis  Pemerintah / PLPBK adalah dalam rangka mewujudkan tata bangunan dan lingkungan yang terkendali sebagai wujud struktural dari pemanfaatan ruang perdesaan, tertib pembangunan, keselamatan bangunan, dan lingkungan serta terpeliharaanya fungsi keserasian bangunan dan lingkungan yang mempunyai nilai tradisi dan karakteristik khusus.

Program Neigbourhood Development/PLPBK dilaksanakan mulai Tahun 2010 melalui beberapa tahapan. Pertama tahap sosialisasi dan penetapan lokasi, kedua tahap perencanaan, ketiga tahap pelaksanaan dan keempat adalah tahap pemasaran.
Adapun dalam menentukan Kriteria Kawasan Prioritas, Setelah TIPP dan Pemerintah Daerah melakukan FGD bersama masyarakat maka disepakati bersama kriteria kawasan prioritas, adalah kawasan yang : Memiliki potensi perekonomian yang dapat dikembangkan, mempunyai masalah lingkungan dan perekonomian yang harus segera diselesaikan, dan atau kawasan yang fungsi sebagai Pusat Pemerintah Daerah.

Target dan sasaran program kegiatan PLPBK adalah :
Pertama, terjadinya perubahan perilaku . Dengan dilaksanakan kegiatan PLPBK di Desa Karanglo harus terjadi perubahan perilaku pada warga masyarakatnya. Seperti perilaku untuk bergotong-royong, mengeluarkan swadaya masyarakat, peduli pada warga masyarakat yang miskin, tidak mengharapkan bantuan dari pemerintah dan lain-lain. Kedua, untuk mendapatkan dana. Dengan termotivasinya warga masyarakat untuk berswadaya dalam menganggulangi kemiskinan di wilayah diharapkan warga masyarakat memberikan swadaya berupa uang yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan Tridaya (Daya Lingkungan, Daya Ekonomi dan Daya Sosial), Selain mendapatkan dana, tentunya warga masyarakat juga mengeluarkan swadaya berupa material atau tenaga guna menanggulangi kemiskinan yang ada di wilayahnya.

Proses pelaksanaan kegiatan PLPBK dilaksanakan dikawasan prioritas. Program  kegiatannya antara lain : jalan paving, perbaikan dan pembangunan drainase, pengadaan tempat sampah, pembangunan tanggul jalan, pembangunan taman bermain, lapangan olahraga, pengadaan & penataan vegetasi, pembangunan gapura desa, penerangan jalan, pembangunan showroom dan pembuatan sumur resapan.
Sekarang yang sudah pada tahap persiapan pelaksanaan adalah , jalan paving, yakni dengan melakukan ;
pembangunan atau perbaikan saluran drainase,  penanaman vegetasi dan lampu jalan.  Pembentukan lembaga persampahan dan sosialisasi tata cara pembuangan sampah.  Pengadaan bak sampaj pada kawasan hunian dengan jarak 5 rumah 2 bak sampah.  Pembangunan TPS pada lokasi yang telah ditetapkan. Dan pembangunan gapura desa.



Desa Karanglo, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang juga melakukan Analisa RTH (Ruang Terbuka Hijau) untuk mewujudkan Ds. Karanglo yang sehat, asri dan berdaya saing. Antaralain untuk Sungai, dilakukan Penataan Sempadan Sungai, pengelolaan kawasan sempadan sungai dengan cara melibatkan partisipatif masyarakat, atau penertiban  terutama di kawasan lindung yang membahayakan kelangsungan penduduk yang tinggal di kawasan sekitarnya.    Daerah bantaran sungai yang berdekatan dengan kawasan permukiman diharapkan memiliki  tanggul yang permanen, baik itu berupa talud maupun beronjong. Hal ini dimaksudkan agar bibir sungai tidak mudah longsor terutama pada waktu musim penghujan. Dibangunnya tempat-tempat pembuangan sampah agar warga tidak membuang sampah di
sekitar bantaran sungai. Pembuatan sumur resapan bagi warga yang tinggal di daerah sempadan sungai sehingga meminimalisasi genangan dan banjir.    Adanya aturan bersama dan pengawasan terhadap daerah bantaran sungai agar masyarakat  tetap dapat menjaga bantaran sungai tersebut, minimal yang dekat dengan permukiman penduduk.

Untuk Mata Air, utamanya Penataan Kawasan Perlindungan  dan pengelolaan kawasan sempadan sungai dilakukan dengan cara  mengindahkan ketentuan yang berlaku yaitu radius minimal 10 m dan maksimal 25m adalah  area perlindungan untuk mata air, sehingga tidak memperkenankan adanya bangunan fisik
permanen. Adanya aturan bersama dan pengawasan terhadap daerah perlindungan mata air, minimal
masyarakat sekitar dan pemanfaat air tersebut. Demikian juga untuk penataan    kuburan, lapangan olahraga,  RTH jalan (tanaman pelindung di sisi jalan), pekarangan agar lebih bermanfaat (apotik hidup, tanaman hias, dll)

       
Walaupun sebesar lebih dari 70% lahan di Desa Karanglo merupakan lahan tidak terbangun tetapi Desa Karanglo Tidak memiliki taman ataupun lapangan olah raga yang dapat digunakan sebagai sarana interaksi warga. Adapun lapangan yang biasa dipakai untuk bermain bola voli adalah tanah kosong yang berada di dekat kantor Pemerintahan Desa. Namun ada hutan jati buatan milik perseorangan yang merupakan RTH di Desa Karanglo, sebagai RTH hutan jati buatan ini juga bernilai ekonomi. Sayangnya kegiatan ini membutuhkan modal awal yang cukup besar sehingga masyarakat belum berani dan tertarik dalam kegiatan ini. Selain hutan jati ada pula RTH yang berupa tanaman bambu yang berada di sepanjang daerah aliran Sungai yang mengalir di Dusun Mojokembang hingga ke Dusun Kedunglo, tanaman bambu tersebut juga bernilai ekonomi.

Sebagai Desa dengan potensi pertanian dan industri kecil Desa Karanglo mulai berbenah dengan cara terus melengkapi sarana kebutuhan-kebutuhan kegiatan pelayan publik. Beberapa fasilitas pelayanan umum skala lingkungan memang sudah ada namun belum tersebar rata seperti keberadaan Pos Kamling ini misalnya. Sebagai sarana menjaga keamanan lingkungan keberadaan pos kamling sangat dibutuhkan penduduk Desa.

Ada lingkungan RW yang sama sekali tidak punya pos tetapi ada yang memiliki pos hingga 2 dalam satu unit lingkungan RW. Ada pula pos yang kondisinya sederhana dengan bahan bangunan kayu tetapi sudah dilengkapi dengan fasilitas televisi, yang dapat dimanfaatkan bagi petugas yang bergiliran jaga. Namun ada pula pos yang sudah dibangun permanen dan bagus.
Untuk fasilitas kesehatan yang ada di desa adalah balai kesehatan yang dipimpin oleh bidan, dan dokter. Belum ada apotik, sehingga masyarakat biasanya membeli obat di warung atau kios-kios yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

Untuk fasilitas pendidikan Desa Karanglo sudah memiliki aset yang cukup bagus dan terhitung sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya, mungkin yang dibutuhkan adalah pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan agar dapat mencetak sumber daya yang unggul dan berkualitas. Dari tingkat SD, SMP hingga SMA telah tersedia di Desa Karanglo, dengan kondisi seperti ini diharapkan tidak ada lagi warga yang tidak menyekolahkan anaknya dengan alasan jarak ke sekolah jauh. (Sumber : Humas – Kecamatan Mojowarno,  untuk Humas Jombang)




           
 
Warung Pojok Kebon Rojo jadi “Restoran” dengan Dialog Pelaku PNPM Mandiri
Jombang - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MPk) merupakan program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Sebagai salah satu instrumen utama percepatan  ...Detail
 
Lebih Inovatif, Kwarda Jatim Apresiasi Pramuka Jombang
Jombang - Munif Kusnan : ” Mudah – mudahan ini pertanda pramuka semakin jaya. Dengan diikuti jaya nya pembinaan anak muda untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang,” Pramuka, seperti yang diketahui adalah  ...Detail
 
Maulid, Teladani Kepemimpinan Rasullulah
Jombang - Kamis (24/1) pagi, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 hijriah. Wakil bupati Jombang, Drs. Widjono Soeparno, Msi bertemu dengan warga Shiddiyyah yang menggelar peringatan hari lahir  ...Detail
 
Pembukaan Diklat Dasar Brigade Penolong 13 Jawa Timur
Jombang - Indonesia memiliki wilayah yang tidak hanya strategis dan vital, namun juga daerah yang rawan bencana yang sewaktu-waktu memungkinkan terjadinya bencana alam. Oleh karena itu, Kwarda Gerakan  ...Detail
 
Wakil Bupati Jombang Buka Pameran Pendidikan Se Jawa
Jombang - Pameran pendidikan yang diikuti oleh sekitar 55 Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta Se Jawa yang digelar di GOR Merdeka Jombang secara resmi dibuka oleh Drs H.Widjono Soeparno Msi Wakil  ...Detail
 
 
 
top
RTRW Kab. Jombang 2009 - 2029
Perda No. 21 th 2009
Buku Rencana
Profil Jombang
Jombang Dalam Angka
P D R B
Indeks Pembangunan Manusia
Kawasan Agropolitan
Nilai Tukar Petani
Kajian Biopori
Potret Jombang
Sejarah Berdiri
Peta Administratif
Arti Lambang Daerah
Biografi Bupati
Tokoh Jombang
Struktur Organisasi
Visi Misi
Keadaan Geografis
Keadaan Ekonomi
Keadaan Demografi
Iklim dan Cuaca
Jarak Antar Kecamatan
Info Jombang
Sektor Wisata
Sektor Industri
Sektor Kehutanan
Sektor Pertanian
Sektor Perkebunan
Sektor Perikanan
Sektor Peternakan
Sektor Pertambangan
Info Umum
Konsultasi Kesehatan
Konsultasi Gizi
Prestasi & Penghargaan
Jadwal KA
PMI
Harga Sembako
Lain - lain
RPJPD
RPJMD
Daftar Nomor VOIP
© KAPDE&P Kab. Jombang e-mail : kpde[at]jombangkab.go.id