Berita
Arsip Berita
Pencarian Berita
E-mail Pemkab
Layanan Online
Download Apendo Peserta
Download Apendo Panitia

Pengumuman Pengadaan Barang/Jasa
Download Patokan Harga Satuan Pekerjaan
Buku Tamu
Link
CSR-PKBL
DPRD Jombang
Badan Perizinan
Dinas Pendidikan
Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Korpri
Kantor Penanaman Modal
Pemprov Jatim
Anda Pengunjung ke :
84679
 
Warta Jombang
SMP N 1 Diwek – Jombang Gelar Kirab Adiwiyata
SMP Negeri 1 Diwek,  salah satu sekolah di  kabupaten Jombang yang berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2011 ini, memeringati Hari Lingkungan Hidup sekaligus Isro’Mi’roj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut diperingati  dengan menggelar pawai mobil  dan sepeda hias sekaligus kirab trophy nasional  adiwiyata pada  Sabtu (11/6/11).  Pawai kirab dimulai pukul 08.30 WIB diikuti oleh segenap siswa dan dewan guru SMP N 1 Diwek Jombang. Tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini " Hutan Sebagai Penyangga Kehidupan".

Pawai kirab diberangkatkan dari depan halaman sekolah. Sekitar lima mobil dan satu kereta kelinci  yang didesain  sedemikian rupa bernuansa lingkungan dengan hiasan pita dan cat warna-warni. Para siswa mengikuti di belakangnya dengan sepeda yang juga penuh hiasan. Mereka mengenakan hiasan-hiasan dari daun-daun kering  dan hasil daur ulang. Rombongan kirab kemudian diarak menuju ke selatan kota Jombang ke arah Cukir-hiasan  dan sekitarnya.

Sebelumnya, Jombang mengirimkan empat sekolah untuk mengikuti penilaian sekolah adiwiyata 2011 yakni SMA Negeri 3 Jombang, SMP Negeri 1 Tembelang, SDN Kepanjen 2 dan SMP Negeri 1 Diwek. Namun hanya dua sekolah yang berhasil maju ke tingkat nasional yakni SDN Kepanjen 2 dan SMP N 1 Diwek.

Setelah melewati penjurian, akhirnya panitia menetapkan SMP N 1 Diwek sebagai satu-satunya wakil Jombang yang meraih adiwiyata. Perolehan ini menggenapi penghargaan adiwiyata yang pada tahun 2010 lalu juga berhasil diraih SMP N 1 Diwek Jombang.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Diwek Jombang, Mudjiono, kepada Radio Suara Jombang AM menegaskan,  perolehan penghargaan ini tidak diraih dengan mudah tapi  butuh kerja keras dan proses yang panjang. “Alhamdulillah, kita dipercaya menerima adiwiyata kembali, ini buah kerja keras seluruh warga sekolah dan dukungan seluruh pihak –pihak terkait  dalam menjalankan  program sekolah berbasis lingkungan,” katanya saat berdialog di Radio Suara Jombang AM.

Ada 4 indikator sebagai sekolah adiwiyata. Diantaranya kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum juga terintegrasi dan berbasis lingkungan, monolitik, artinya  mempunyai jam, guru dan silabus sendiri, adanya partisipatif sekolah dan warga sekitar,  dan tentusaja pengadaan sarana prasarana. 

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Mujiono kepala sekolah SMPN 1 Diwek Jombang kepada seluruh unsur yang telah mendukung hingga tercapainya  sekolah adiwiyata. Utamanya kepada seluruh warga sekolah, pemerintah kabupaten Jombang,  masyarakat Diwek yang sangat peduli  dan komite sekolah yang dukungannya juga sangat luar biasa.

“Kita berkomitmen akan melakukan perubahan dalam meningkatkan nilai tambah agar dapat meraih adiwiyata mandiri, dengan demikian akan  dapat mendukung program adipura kencana Jombang”, tutur Mujiono optimis.

Beberapa program SMP N 1 Diwek terkait lingkungan disinyalir menjadi nilai tambah dalam penilaian adiwiyata. Program tersebut diantaranya, pengelolaan dan pemilahan sampah sistem composting dan gerakan sadar lingkungan serta aneka puspa dan satwa yang telah  dimiliki. Selain mengelola sampah lingkungan sekolah, SMP N 1 Diwek juga mengelola sampah lingkungan sekitar yang diolah menjadi pupuk bernilai komersil.  (Dedi/Jodi/Wati_SJAM)
 
Warung Pojok Kebon Rojo jadi “Restoran” dengan Dialog Pelaku PNPM Mandiri
Jombang - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MPk) merupakan program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Sebagai salah satu instrumen utama percepatan  ...Detail
 
Lebih Inovatif, Kwarda Jatim Apresiasi Pramuka Jombang
Jombang - Munif Kusnan : ” Mudah – mudahan ini pertanda pramuka semakin jaya. Dengan diikuti jaya nya pembinaan anak muda untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang,” Pramuka, seperti yang diketahui adalah  ...Detail
 
Maulid, Teladani Kepemimpinan Rasullulah
Jombang - Kamis (24/1) pagi, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 hijriah. Wakil bupati Jombang, Drs. Widjono Soeparno, Msi bertemu dengan warga Shiddiyyah yang menggelar peringatan hari lahir  ...Detail
 
Pembukaan Diklat Dasar Brigade Penolong 13 Jawa Timur
Jombang - Indonesia memiliki wilayah yang tidak hanya strategis dan vital, namun juga daerah yang rawan bencana yang sewaktu-waktu memungkinkan terjadinya bencana alam. Oleh karena itu, Kwarda Gerakan  ...Detail
 
Wakil Bupati Jombang Buka Pameran Pendidikan Se Jawa
Jombang - Pameran pendidikan yang diikuti oleh sekitar 55 Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta Se Jawa yang digelar di GOR Merdeka Jombang secara resmi dibuka oleh Drs H.Widjono Soeparno Msi Wakil  ...Detail
 
 
 
top
RTRW Kab. Jombang 2009 - 2029
Perda No. 21 th 2009
Buku Rencana
Profil Jombang
Jombang Dalam Angka
P D R B
Indeks Pembangunan Manusia
Kawasan Agropolitan
Nilai Tukar Petani
Kajian Biopori
Potret Jombang
Sejarah Berdiri
Peta Administratif
Arti Lambang Daerah
Biografi Bupati
Tokoh Jombang
Struktur Organisasi
Visi Misi
Keadaan Geografis
Keadaan Ekonomi
Keadaan Demografi
Iklim dan Cuaca
Jarak Antar Kecamatan
Info Jombang
Sektor Wisata
Sektor Industri
Sektor Kehutanan
Sektor Pertanian
Sektor Perkebunan
Sektor Perikanan
Sektor Peternakan
Sektor Pertambangan
Info Umum
Konsultasi Kesehatan
Konsultasi Gizi
Prestasi & Penghargaan
Jadwal KA
PMI
Harga Sembako
Lain - lain
RPJPD
RPJMD
Daftar Nomor VOIP
© KAPDE&P Kab. Jombang e-mail : kpde[at]jombangkab.go.id