CARA PENYAJIAN DAN ANGKA INDEKS

PDRB secara berkala dapat disajikan dalam dua bentuk yaitu atas dasar harga berlaku dan atas dasar harga konstan pada suatu tahun dasar yang dijelaskan sebagai berikut :

  1. Penyajian atas dasar harga berlaku, semua agregat pendapatan dinilai atas dasar harga yang berlaku pada masing – masing tahun, baik pada saat menilai produksi dan biaya antara maupun pada penilaian komponen nilai tambah dan komponen pengeluaran produk domestik regional bruto.
  2. Penyajian atas dasar harga konstan suatu tahun dasar, semua agregat pendapatan dinilai atas dasar harga yang terjadi pada tahun dasar (dalam publikasi ini harga konstan didasarkan harga pada tahun 1993). Karean menggunakan harga tetap maka perkembangan agregat dari tahun ke tahun semata – mata disebabkan oleh perkembangan riil dari kuantum produksi tanpa mengandung fluktuasi harga.

PDRB juga disajikan dalam bentuk peranan sektoral dan angka – angka indeks, yaitu indeks perkembangan, indeks berantai dan indeks harga implisit yang masing – masing dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.
Peranan sektoral diperoleh dengan cara membagi nilai masing – masing sector dengan jolai total seluruh sector PDRB dikalikan 100 pada tahun yang bersangkutan ( baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasr harga konstan suatu tahun tertentu)

Penghitungan peranan sektoral dapat dirumuskan berikut ini :

P = peranan sektoral

i = sektor 1, …, sektor 9

2.
Indeks Perkembangan diperoleh dengan membagi nilai– nilai pada masing – masing tahun dengan nilai pada tahun dasar, diaklikana 100. Indeks ini menunjukkna tingkat perkembangan agregat dari tahun ke tahun terhadap tahun dasarnya.

Indeks perkembangan ini dapat dirumuskan berikut ini :

IP = Indeks Perkembangan

i = sektor 1, …,9

t = tahun t

o = tahun dasar

3.
Indeks berantai diperoleh dengan membagi nilai pada masing – masing tahun dengan nilai pada tahun sebelumnya. Apabila angka ini dikalikan dengan angka 100 dan hasilnya dikurangi 100, maka ngka ini menunjukkan tingkat pertumbuhan agregat produksi untuk masing – masing tahun. Metode penghitungan ini dapat pula digunakan untuk menghitung tingkat pertumbuhan sektoral.

Apabila penghitungan ini dirumuskan, maka rumus penghitungannya adalah :

IB = Indeks Barantai

i = sektor 1, …,9

t = tahun t

4.
Indeks harga Implisit diperoleh dengan membagi nilai PDRB atas dasar harga berlakiu dengan nilai PDRB atas dasar harga konstan untuk masing – masing tahun dikalikan 100. indeks ini menunjukkan tingkat perkembangan harga dari agregat pendapatan terhadap harga pada tahun dasar. Selanjutnya bila dari indeks harga implicit ijini dibuatkan indeks berantainya (dengan rusmus indeks berantai) akan terlihat tingkat perkembanganm harga setiap tahun terhadap tahun sebelumnya. Indeks ini secara berkala juga dapat menunjukkan besaran inflasi yang mencakup seluruh barang dan jasa yang diproduksi diwilayah penghitungan PDRB. Indeks harga implicit dapat menggunakan rumus berikut ini :

*

*IHI = Indeks harga implisit

hb = harga berlaku

hk = harga konstan