Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Restocking, Ribuan Ekor Benih Ikan Ditebar Di Sungai Desa Kedung Betik

 
 
Untuk menambah stok ikan tangkapan di perairan umum Pemkab Jombang melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan melakukan Restocking/penebaran benih ikan. Penebaran sebanyak 110.000 ekor ikan jenis tombro tersebut dilakukan di Sungai Kedung Bajul Dusun Ngemprak Desa Kedung Betik Kecamatan Kesamben, kamis (14/3/19).

 
Disaksikan warga setempat, Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang, Asisten dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian secara simbolis menebarkan ribuan ikan tersebut di Sungai. Dan disusul menyerahkan bantuan benih ikan kepada warga.

 
Ir.Murti Cahyani Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Jombang menjelaskan
tujuan restocking ini, selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, tujuan lain adalah untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

 
“kegiatan restocking atau penebaran benih ikan kembali ini sebagai tindak lanjut dari program Direktorat Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Dan Perikanan terkait dengan pelestarian sumber daya hayati perikanan,”terangnya.  

 
Dikatakan Ir.Murti, potensi perairan umum daratan di Kabupaten Jombang terdiri dari sungai sepanjang 355 km dan waduk seluas 42,04 ha. Sedangkan produksi hasil tangkap tahun 2017 sebesar 167,2 ton dan tahun 2018 sebesar 163,1 ton.

 
“Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa produksi hasil tangkap mengalami penurunan yang signifikan. Penurunan ini disebabkan karena kegiatan penangkapan yang dilakukan secara terus menerus (over fishing) dan kegiatan penangkapan yang menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan,”terangnya.

 
Usai menebar benih ikan, Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab menghimbau kepada seluruh masyarakat  untuk menjaga kelestarian sumber daya perairan umum khususnya yang ada di sungai dengan cara melaksanakan kegiatan penangkapan ikan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan dan melaksanakan kegiatan restocking secara berkelanjutan.   

 
“Agar kegiatan tebar benih ikan ini membawa manfaat, semua harus sabar, tunggu 4-5 Bulan sampai ikannya besar agar manfaatnya bisa kita rasakan. Terus menangkap ikannya juga dengan cara yang baik, Ikannya jangan disetrum, diracun atau di bom. Dipancing saja,”pesan Bupati.

 
Dengan demikian, Lanjut Bupati potensi  sumber daya ikan yang ada  di perairan umum daratan dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

 
“Kepada masyarakat, saya sampaikan terima kasih atas kepeduliannya terhadap sungai di sekitarnya. kepedulian dan kesadaran penduduk/warga sekitar aliran sungai, akan mempermudah langkah untuk mewujudkan maksud penataan kegiatan perikanan tangkap sehingga dicapai tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan yang optimal dan lestari,”tutup Bupati. (Humas Protokol)