Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Nguri Uri  Budaya Dan Kearifan Lokal Sedekah Bumi Di Sendang Made

Nguri Uri  Budaya Dan Kearifan Lokal Sedekah Bumi Di Sendang Made

Sebagai tanda syukur atas nikmat Alloh SWT, masyarakat desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang menggelar acara sedekah Desa. Wakil Bupati Jombang Sumrambah mewakili Bupati Jombang hadir untuk menyemarakkan  khasanah budaya dan kearifan lokal di wilayah Kabupaten Jombang ini.

Pada Sabtu (06/10/2018) sore, warga desa Made Kecamatan Kudu tampak guyub rukun memenuhi  Sendang Made.  Beraneka hasil bumi juga tumpeng dihadirkan dalam acara tersebut. Tiap dusun dan RT membawa tumpeng juga hasil bumi dengan berbagai bentuk kreasi. Sebelumnya tumpeng tersebut di berangkatkan dari Balai desa Made menuju ke Sendang Made dengan arak arakan.

Barisan terdepan di pimpin oleh karang taruna desa Made yang didandani ala jaman Raja Airlangga. Sebab memang tercatat dalam sejarah Sendang Made adalah petilasan Prabu Airlangga. Rombongan karang taruna tersebut membawa air suci yang diambil dari tujuh sendang pada malam sebelumnya. Diantaranya Sendang Payung, Sendang Drajad, Sendang Pangilon, Sendang Gede, Sendang Pangomben dan ada sendang sendang lainnya.

Setelah arak arakan tiba di sendang satu persatu air yang dibawa dijadikan satu pada tempat yang telah sediakan. Selanjutnya Wakil Bupati Jombang, Sumrambah didapuk untuk menuangkan air suci  tersebut ketempat berupa kendil dan diikuti oleh Kepala Dinas yang lainnya, diantaranya kepala Dinas Kominfo, Budi Winarno.

Penyatuan 7 mata air Sendang Made konon  dalam cerita kuno, bahwa 7 mata air Sendang merupakan sumber mata air kehidupan bagi masyarakat Desa Made dan desa-desa di sekitar Sendang Made.
Wabup Jombang Sumrambah mengatakan, Sendang Made merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, sehingga warga di sekitar menjadikan Sendang Made jadi tempat yang dikeramatkan. Ini adalah Budaya leluhur yang mesti dijaga kearifannya.

"Sedekah desa ini adalah bentuk dari kerukunan, guyub rukunnya  antar warga dan juga antar dusun, dan kebersamaan ini merupakan kekuatan " tutur Sumrambah.

“Pemkab Jombang pada tahun anggaran 2019 akan menyediakan anggaran untuk renovasi lokasi Sendang Made sebagai tempat wisata yang bernilai ekonomis bagi warga Desa Made,”  tandas  Wabup Sumrambah
Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada warga yang telah dengan ikhlas mendukungnya,  sehingga Pilkada Juni 2018 kemarin berjalan lancer, aman dan kondusif. “Alhamdulillah Bu  Munjidah dan saya mendapatkan kepercayaan dan amanah dari masyarakat untuk memimpin Jombang pada periode 2018-2023,” tandasnya.

Camat Kudu, Sutomo menyambut positif rencana Pemkab Jombang akan merenovasi Sendang Made, karena lokasi ini mempunyai nilai sejarah bagi Jombang, khususnya Desa Made Kecamatan Kudu.

Kepala Desa Made Winarsih sebagai Kepala Desa mengaku sangat terhormat, karena Sedekah Bumi tahun 2018 bisa dihadiri Wabup Sumrambah. “Kegiatan  Sedekah Bumi di Desa Made ini merupakan cerminan budaya dan kearifan lokal masyarakat.”

Sebanyak  350 ambeng dan gunungan buah buahan dikirab dari Balai Desa Made menuju Sendang Made yang diikuti perwakilan warga RT se Desa Made. (Humas_Kominfo)