Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Bupati Dan Wabup Jombang Pantau Pelaksanaan UNBK Pelajar SMP / MTs

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Kabupaten Jombang mendapat perhatian serius dari Bupati dan Wakil Bupati. Untuk dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan UNBK di hari pertama tersebut Bupati dan Wakil Bupati memantau ditempat berbeda.
 
 
Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab didampingi Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan serta Kepala Kemenag Jombang memantau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Jombang, SMPN 1 Tembelang dan MTSN 3 Tambakberas. Sedangkan Wakil Bupati Sumrambah memantau UNBK SMPN 3  Peterongan – MTSN 2 Rejoso Peterongan dan SMPN1 Peterongan.

 
Dari hasil pantauan, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab membeberkan, melihat data Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, ada 252 lembaga pendidikan tingkat SMP/MTs negeri maupun swasta yang menyelenggarakan UNBK di tahun 2019 di Jombang.

 
Dari jumlah itu, menurut Bupati bahwa pelaksanaan UNBK sudah mencapai 100 persen. Sedangkan pada tahun 2018 lalu sekitar 45 persen.

 
"Ini sudah sesuaikan dengan komitmen kita bahwa tahun 2019 harus sudah seratus persen pelaksanaan UNBK di Jombang. Sekarang Alhamdulillah sudah seratus persen, baik negeri maupun swasta," papar Bupati saat diwawancarai sejumlah awak media usai meninjau UNBK di SMP Negeri 1 Tembelang, Senin (22/4) pagi.

 
Selain di SMP Negeri 1 Tembelang, Bupati juga memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Jombang serta MTs Negeri 3 Tambakberas Jombang. Hasil dari pemantauan, tidak ditemukan kendala teknis dari perangkat komputer maupun jaringan internet maupun kelistrikan.

 
"Insya Allah kalau melihat persiapannya saya kira tidak ada gangguan ya. Ini tadi tidak ada yang absen, meskipun ada yang sakit satu tapi tetap mengikuti ujian," sambungnya.

 
Sedangkan Wabup Sumrambah sempat memberikan motivasi kepada para peserta UNBK di MTSN 2 Rejoso Peterongan. Wabup meminta anak anak ini agar teliti dalam mengerjakan soal. “Saya doakan ujian berjalan lancar, semua dapat lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi,”kata Wabup.

 
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, dr Budi Nugroho menambahkan, terdapat 23.561 siswa yang melaksanakan UNBK, dengan rincian 13.786 siswa SMP dan 9775 siswa Mts. "Pelaksanaannya mulai tanggal 22 ini kemudian tanggal 23, 24, 25 April," paparnya. 
Budi juga memasang target kelulusan 100 persen pada UNBK 2019 ini. "Tentu 100 persen lulus targetnya," tutup Budi. (Humas Protokol)